Upaya Peningkatan Pengetahuan Mengenai Risiko Nyeri Leher Akibat Bermain Game Online

Fidyatul Nazhira, Suci Wahyu Ismiyasa, Widayani Wahyuningtyas, Fadma Putri, Irfan Fathurrahman Firdaus, Alyaa Hanandra Triannisa

Abstract


Nyeri leher merupakan penyakit multifaktorial, dan merupakan masalah utama dalam masyarakat modern. Meskipun nyeri leher mungkin bukan gangguan muskuloskeletal yang paling umum, namun tetap sangat penting. Penyebab terjadinya nyeri leher sangat banyak, seperti jenis kelamin, usia, postur tubuh, stress, posisi kerja, dan gerakan statis yang cukup lama. Bermain game online merupakan salah satu aktivitas yang menyebabkan pemain bergerak dengan posisi statis yang cukup lama. Saat bermain game online, pemain cenderung menundukkan kepala ke layar permainan yang akan membuat leher menjadi melengkung dan membungkuk yang berisiko menyebabkan neck pain. Tujuan dari adanya edukasi ini adalah memberikan informasi kepada mahasiswa mengenai dampak buruh bermain game online alam waktu yang lama serta bagaimana menanganinya, Berdasarkan hasil pre dan post test yang dilakukan, mahasiswa menjadi lebih paham dan harapannya agar informasi ini dapat disebar luaskan ke mahasiswa lainnya.


Keywords


Edukasi, Nyeri Leher, Game Online

Full Text:

PDF

References


N. Yee, “The Demographics, Motivations, and Derived Experiences of Users of Massively Multi-User Online Fraphical Enviroments,” Presence, vol. 15, no. 3, pp. 309–329, 2006.

Firdiansyah, “Hubungan Durasi Bermain Game online PUBG Mobile terhadap resiko neck pain pada mahasiswa di Malang,” Universitas Muhammadiyah Malang, 2019.

F. Rahimi, K. Kazemi, S. Zahednejad, D. López-López, and C. Calvo-Lobo, “Prevalence of Work-Related Musculoskeletal Disorders in Iranian Physical Therapists: A Cross-sectional Study,” J. Manipulative Physiol. Ther., vol. 41, no. 6, pp. 503–507, 2018.

S. B. Gulglu and U. Yalcin, “The Effect Of Smartphone Addiction On Neck Pain And Disability In University Studenst,” Kafkas J. Med. Sciense, vol. 11, no. 2, pp. 112–230, 2021.

A. Irma Nahdliyah and R. Win Martani, “Relationship Between Game Online Addiction With Body Posture Among Elementary School Students in Pekalongan City, Central Java, Indonesia,” in Proceedings of the international nursing conference on Chronic Disease Management Pekalongan, 2019, no. 2014, pp. 7–8.

S. Kazeminasab et al., “Neck pain: global epidemiology, trends and risk factors,” BMC Musculoskelet. Disord., vol. 23, no. 26, pp. 1–13, 2022.

B. Cagnie, L. Danneles, D. Van Tiggelen, V. De Loose, and D. Cambier, “Individual and work related risk factors for neck pain among office workers: a cross sectional study,” Eur Spine J., vol. 16, no. 5, pp. 679–686, 2007.

M. Gugliotti, “Contribution of Aberrant Postures to Neck Pain and Headaches in eSport Athletes,” Res. Investig. Sport. Med., vol. 3, no. 1, pp. 10–11, 2018.

M. M. Almalki, S. S. Algarni, B. H. Almansouri, and M. A. Aldowsari, “Use of Smartphones, ipads, Laptops and Desktops as A Risk Factor for Non-Specific Neck Pain among Undergraduate University Students,” Egypt. J. Hosp. Mediine, vol. 69, no. 5, pp. 2438–2441, 2017.

F. F. Monding, P. A. T. Kawatu, and A. F. C. Kalesaran, “Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Keluhan Neck Pain Pada Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi,” J. Kesmas, vol. 9, no. 6, pp. 122–130, 2020.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v6i2.1141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fidyatul Nazhira



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :