Pelatihan Canva Untuk Guru PG & TK Arcamanik Sebagai Media Pembelajaran Digital

Fida Nirmala Nugraha, Litasari Widyastuti Suwarsono, Atya Nur Aisha

Abstract


Siswa didik yang dihadapi guru-guru PGTK khususnya guru-guru PGTK di Kecamatan Arcamanik saat ini termasuk ke dalam generasi Alpha yang memiliki karakteristik khas antara lain digital native. Mereka lahir di era digital dan sudah terbiasa berinteraksi dengan gadget sejak dini. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para guru yang berasal dari generasi yang berbeda. Salah satu tantangan yang dihadapi guru adalah membiasakan diri dengan teknologi yang ada dan memanfaatkannya sebagai bagian dari media pembelajaran yang digunakan dalam mentransfer ilmu pada siswa didiknya. Di sisi lain, para guru belum sepenuhnya terampil dapat menggunakan teknologi sebagai salah satu alat bantu media ajar. Berdasarkan hal tersebut maka program pengabdian masyarakat kali ini akan memfokuskan pada pendampingan pada guru-guru PGTK Kecamatan Arcamanik khususnya terkait penggunaan teknologi Canva dalam membuat proyek bahan ajar. Hasil pengukuran kemampuan menggunakan Canva sebelum dan sesudah workshoop menunjukkan bertambahnya jumlah guru yang mengetahui Canva (meningkat 21,43%) dan menggunakan Canva sebagai salah satu alat bantu ajar (meningkat 45,24%). Hal ini menjadi bekal bagi para guru untuk menerapkannya dalam praktik mengajar sehari-hari yang sejalan dengan digital native siswa didiknya.

Keywords


generasi Alpha, guru PGTK, Canva, media ajar

Full Text:

PDF

References


Humas Kemendikbudristek/UN, 2021, Pemerintah Terbitkan SKB 4 Menteri Panduan Pembelajaran di Masa Pandemi, https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/pemerintah-terbitkan-skb-4-menteri-panduan-pembelajaran-di-masa-pandemi, diakses tanggal 15 Maret 2022.

Ching, C.C, dan Wang, X.C, 2006, Digital Photography and Journals in a KindergartenFirst-Grade Classroom: Toward Meaningful Technology Integration in Early Childhood Education, Early Education & Development, No. 3, Vo. 17, 347-371.

Daniels, E., Pyle, A., dan DeLuca, C, 2020, The role of technology in supporting classroom assessment in play-based kindergarten, Teaching and Teacher Education, Vol. 88, 1-12, https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.102966.

Moos, D.C, dan Marroquin E., 2010, Multimedia, hypermedia, and hypertext: Motivation considered and reconsidered, Computers in Human Behavior, Vol. 26, 265-276, https://doi.org/10.1016/j.chb.2009.11.004.

Novitasari, Y., dan Fauziddin, M., 2022, Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, No.4, Vol. 6, 3570-3577, https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/2333/pdf.

Hapsari, S.A, dan Pamungkas, H, Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online Di Universitas Dian Nuswantoro, 2019, WACANA, No.2, Vol. 18, 225-233.

Maureen, I.Y, van der Meij, H., dan de Jong, T, 2020, Enhancing Storytelling Activities to Support Early (Digital) Literacy Development in Early Childhood Education, International Journal of Early Childhood No. 52, 55–76, https://doi.org/10.1007/s13158-020-00263-7.

Lin, C.H, 2012, Application of a Model for the Integration of Technology in Kindergarten: An Empirical Investigation in Taiwan, Early Childhood Education Journal No. 40, 5–17, DOI 10.1007/s10643-011-0494-5.

Lancet, Yaara; Zukerman, Erez (7 Januari 2014). "Canva review: Free tool brings much-needed simplicity to design process". PC World, https://www.pcworld.com/article/449059/Canva-review-free-tool-brings-much-needed-simplicity-to-design-process.html, diakses tanggal 23 Januari 2023.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v6i2.1159

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fida Nirmala Nugraha, Litasari Widyastuti Suwarsono, Atya Nur Aisha



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :