Pelatihan Dasar-dasar Komputer dan Programming di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bina Karya

Indra Gamayanto, Hanny Haryanto, Sendi Novianto, Herman Try Maulana, Lusi Noviani Prasetyo, Sasono Wibowo, Farrikh Al Zami, Elok Iedfitra Haksoro

Abstract


Komputer dan programming merupakan kedua hal yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain, dimana keduanya saling terhubung dan dapat memberikan banyak dampak terhadap masa depan. Pada pengabdian masyarakat ini, kami berfokus kepada anak-anak Sekolah Dasar, dimana anak-anak ini merupakan sumber daya manusia yang memiliki potensi besar untuk melakukan perubahan besar di masa depan. Oleh karena itu, mereka akan mendapatkan pelatihan dasar-dasar komputer dan programming. Tentunya pelatihan ini masih berupa dasar dan belum mencapai level advanced, tetapi dengan berjalannya waktu, kami, tim pengabdian masyarakat akan memberikan pelatihan yang lebih jauh lagi, sehingga anak-anak dapat membuat aplikasi sederhana dengan menggunakan Bahasa program yang telah kami ajarkan. Hasil dari pengabdian masyarakat ini adalah anak-anak akan dapat memahami dasar-dasar komputer secara lengkap, pelatihan khusus programming dengan menggunakan media yang menarik sehingga akan dapat mudah untuk dipelajari dan terakhir konsep masa depan dari programming, sehingga anak-anak akan dapat terbuka wawasan masa depannya, sehingga dari awal mereka akan dapat menentukan langkah berikutnya dan mendapatkan gambaran besar untuk masa depan.

 


Keywords


PKBM Bina Karya, Komputer, Programming, Pelatihan, Implementasi

Full Text:

PDF

References


S. Arif, “Pembelajaran pengetahuan dasar komputer berbasis blended learning pada Program Studi Agribisnis Stiper Amuntai,” Jurnal Pendidikan Vokasi, vol. 3, no. 1, Art. no. 1, Feb. 2013, doi: 10.21831/jpv.v3i1.1587.

S. Sariadi et al., “PENGENALAN DASAR-DASAR KOMPUTER DI YAYASAN SETIABUDI PANTI ASUHAN AMANAH PAMULANG TANGERANG SELATAN,” JATIMIKA: Jurnal Kreativitas Mahasiswa Informatika, vol. 2, no. 3, Art. no. 3, Jan. 2022, Accessed: Feb. 07, 2023. [Online]. Available: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JATIMIKA/article/view/14751

C. Montolalu and Y. Langi, “Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi bagi Guru-Guru dengan Uji-T Berpasangan (Paired Sample T-Test),” d’CARTESIAN:Jurnal Matematika dan Aplikasi, vol. 7, no. 1, Art. no. 1, 2018, doi: 10.35799/dc.7.1.2018.20113.

I. B. K. Sudiatmika, K. Q. Fredlina, and N. L. P. N. S. P. Astawa, “Pelatihan Keterampilan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi Di Sekolah Dasar Negeri 3 Munduk,” Jurnal Karya Abdi Masyarakat, vol. 4, no. 2, Art. no. 2, Aug. 2020, doi: 10.22437/jkam.v4i2.10535.

H. O. L. Wijaya, Armanto, A. A. T. Susilo, and W. M. Sari, “Pengenalan Pengenalan Dasar-Dasar Komputer Bagi Anak-anak Di Lingkungan Kelurahan Taba Baru,” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, vol. 3, no. 2.2 Februari, Art. no. 2.2 Februari, Jan. 2023.

T. Kurniawan, “JURNAL DASAR PEMROGRAMAN : INPUT DAN OUTPUT DALAM PYTHON,” JURNAL DASAR PEMROGRAMAN: INPUT DAN OUTPUT DALAM PYTHON, Jun. 2018, Accessed: Feb. 11, 2023. [Online]. Available: https://www.academia.edu/36762577/JURNAL_DASAR_PEMROGRAMAN_INPUT_DAN_OUTPUT_DALAM_PYTHON

A. P. PRATAMA, “Pengaruh Pemakaian Game Edukasi Terhadap Penambahan Pengetahuan Pemrograman C# Mahasiswa Informatika,” skripsi, Universitas Jenderal Soedirman, 2022. Accessed: Feb. 11, 2023. [Online]. Available: http://repository.unsoed.ac.id/15497/

K. Umam et al., “SOSIALISASI KOMPUTER DAN PEMROGRAMAN JAVA KEPADA MURID SMK KIHAJAR DEWANTARA JAMBE,” Abdi Jurnal Publikasi, vol. 1, no. 3, Art. no. 3, Jan. 2023.

U. Usanto, D. Dartono, and A. R. Trilaksono, “PELATIHAN DASAR PEMROGRAMAN BAHASA JAVA UNTUK SISWA SMK TUNAS HARAPAN JAKARTA,” SWADIMAS : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, vol. 1, no. 01, Art. no. 01, 2023, doi: 10.56486/swadimas.vol1no01.236.

S. Saharuddin and M. W. Prihatmono, “PENGENALAN DAN PELATIHAN DASAR BAHASA PEMROGRAMAN PYTHON PADA SISWA/I SMA NEGERI 3 MAKASSAR,” SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, vol. 6, no. 4, Art. no. 4, Dec. 2022, doi: 10.31764/jpmb.v6i4.10569.

M. Mirza, “SOSIALISASI DAN PELATIHAN DASAR-DASAR PEMOGRAMAN ROBOT BERODA UNTUK SISWA SMAN 1 BATUSANGKAR: SOSIALISASI DAN PELATIHAN DASAR-DASAR PEMOGRAMAN ROBOT BERODA,” Jurnal Implementasi Riset, vol. 2, no. 1, Art. no. 1, Mar. 2022, doi: 10.37301/iris.v2i1.36.

“Tech Talk... BENEFITS OF CHILDREN USING COMPUTERS,” Guyana Chronicle. https://guyanachronicle.com/2013/07/20/tech-talk-benefits-of-children-using-computers/ (accessed Feb. 11, 2023).

“7 Reasons Why Kids Should Learn to Code,” UT Austin Boot Camps, Nov. 11, 2020. https://techbootcamps.utexas.edu/blog/why-kids-should-learn-to-code/ (accessed Feb. 11, 2023).

sasono wibowo I. gamayanto, “Developing a techno - family through virtual - reality benthix game,” Jurnal teknologi pendidikan (Edutech), vol. 19, no. 2, pp. 113–138, 2020.

I. Gamayanto, T. S. T. S. Sukamto, and Muljono, “Unizon for university in Indonesia: The development of ‘university go online’ to face ASEAN economic community (AEC),” in Proceedings - 2017 International Seminar on Application for Technology of Information and Communication: Empowering Technology for a Better Human Life, iSemantic 2017, 2018, vol. 2018-Janua, pp. 42–47. doi: 10.1109/ISEMANTIC.2017.8251841.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v6i2.1225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Indra Gamayanto, Hanny Haryanto, Sendi Novianto, Herman Try Maulana, Lusi Noviani Prasetyo, Sasono Wibowo, Farrikh Al zami, Elok Iedfitra Haksoro



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statcounter

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :