Mengenali Bakso Boraks dan Bakso Formalin yang Membahayakan Kesehatan di SMAN 1 Alalak

Yulianita Pratiwi Indah Lestari, Raissya Putratama, Afzan Ridhani, Rahmat Fajar Nafarin

Abstract


Bakso merupakan salah satu makanan yang diproduksi berbahan dasar utama daging dan bahan-bahan tambahan lainnya seperti tepung dan bumbu-bumbu yang dihaluskan lalu dicampur hingga merata lalu dibentuk bulatan-bulatan kemudian direbus hingga matang.Penyuluhan yang dilaksanakan menggunakan metode ceramah dengan menjelaskan secara ringat tentang apa itu boraks, formalin, kegunaan sebenarnya dari boraks dan formalin, bahaya boraks dan formalin bagi kesehatan dan melakukan demo pengujian untuk mengenali bakso yang aman dan bakso yang mengandung boraks dengan cara yang mudah. Dari hasil evaluasi pemahaman peserta melalui pre test dan post test menunjukkan bahwa adanya peningkatan pemahaman dari para peserta penyuluhan sebelum dan sesudah diberikannya materi penyuluhan. Kegiatan penyuluhan yang sudah dilakukan tentang “Mengenali Bakso Boraks dan Bakso Formalin Yang Membahayakan Bagi Kesehatan” merupakan kegiatan yang bersifat positif untuk membantu masyarakat luas dan juga dapat membantu siswa-siswi SMAN 1 Alalak dalam mengenali bakso yang mengandung bahan berbahaya dengan cara yang mudah dan selalu mewaspadai pada makanan yang dicurigai mengandung bahan-bahan yang tidak semestinya

Keywords


bakso, boraks, formalin, pengabdian masyarakat, penyuluhan

Full Text:

PDF

References


Sunarlim, R., 1992, Karakteristik mutu bakso daging sapi dan pengaruh

penambahan NaCl dan natrium tripolyfosfat terhadap perbaikan mutu,

[Disertasi] Program Pasca Sarjana, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Sarah, D., 2015, Analisis Nilai Tambah Dan Bauran Pemasaran Produk Olahan Daging Sapi Dan Daging Ayam Pada CV Fivafood Dan Meat Supply, [Disertasi] Program Studi Agribisnis, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta.

Rahayu, N.D., Sasmito, B., & Bashit, N., 2018, Analisis Pengaruh Fenomena Indian Ocean Dipole (IOD) Terhadap Curah Hujan Di Pulau Jawa. Jurnal Geodesi Undip Januari 2018. Jurnal Geodesi Undip, Volume 7, Nomor 1. 57-67.

Usmiati, S., Priyanti, A., 2006, Sifat Fisikokimia dan Palatabilitas Bakso Daging Kerbau, Prosiding Lokakarya Nasional Usaha Ternak Kerbau Mendukung Program Kecukupan Daging Sapi.

Astawan, M., 2008, Sehat dengan Hidangan Hewani, Jakarta, Penebar Swadaya.

Afrianto, E & Liviawaty, E., 1989, Pengawetan dan Pengolahan Ikan. Yogyakarta: Kanisius.

Widyaningsih, T.D. & Murtini, E.S., 2006, Alternatif Pengganti Formalin Pada

Produk Pangan. Surabaya: Trubus Agrisarana.

BPOM RI, 2004, Bahan Tambahan Ilegal–Boraks, Formalin, Rhodamin B dalam

Foodwatch Sistem Keamanan Pangan Terpadu, Jakarta.

Saparinto, C. & Hidayati, D., 2006, Bahan Tambahan Pangan, Yogyakarta: Kanisius.

Sugiharti, S., 2009, Pengaruh Perebusan dalam Pengawet Asam Organik terhadap Mutu Sensoris dan Umur Simpan Bakso, Skripsi, Fakultas Teknologi Pertanian. Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Menkes RI, 1988, Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 722/Menkes/Per/IX/1988 tentang Bahan Tambahan Makanan. Jakarta: Kemenkes RI; 1988.

Menkes RI, 1999, Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1168/Menkes/Per/X/1999 tentang perubahan atas Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 722/Menkes/Per/IX/1988 tentang bahan tambahan makanan. Jakarta: Kemenkes RI; 1999.

Undang-Undang No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Nurkhamidah, S., Altway, A., Winardi, S., Roesyadi, A., Rahmawati, Y., Machmudah, S., Widiyastuti, Nurtono, T., Zullaikah, S., & Qadariyah, L., 2016, Identifikasi Kandungan Boraks dan Formalin pada Makanan dengan Menggunakan Scientific VS Simple Methods. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat – LPPM ITS, 1-9.

Winarno, F. G dan Rahayu. T.S., 1994, Bahan Tambahan Untuk Makanan dan Kontaminan. Jakarta: Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v6i2.1306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yulianita Pratiwi Indah Lestari



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :