Pelatihan Standardisasi Pengelolaan Laboratorium bagi Pengelola Laboratorium IPA di Kota Banda Aceh

Muhammad Nasir, Adean Mayasri

Abstract


Telah dilaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan standardisasi pengelolaan laboratorium bagi pengelola laboratorium IPA di Kota Banda Aceh. Pelatihan ini dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian para pengelola laboratorium IPA (Fisika, Biologi, dan Kimia) jenjang SMA/SMK di Kota Banda Aceh. Materi pelatihan terdiri dari etika profesi laboran, penataan alat dan bahan laboratorium, teknik kerja di laboratorium, karakteristik laboratorium IPA, serta kesehatan dan keselamatan kerja di laboratorium. Metode pelatihan terdiri dari ceramah, presentasi kelompok, diskusi, tanya jawab, serta pretest dan posttest untuk evaluasi. Kegiatan ini diselenggarakan selama empat hari, 31 Mei - 3 Juni 2022 di Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa para peserta yang berjumlah 60 orang sangat antusias dalam mengikuti kegiatan. Para peserta berpartisipasi aktif dalam memanfaatkan diskusi selama pelatihan dan pada saat penutup tiap sesi pelatihan. Instrumen penilaian yang digunakan adalah empat puluh soal pilihan ganda dalam bentuk pretest dan posttest. Kegiatan pelatihan dianggap berhasil berdasarkan hasil pretest para peserta dengan nilai rata-rata 48 meningkat saat posttest menjadi 91. Melalui kegiatan pelatihan diharapkan para pengelola laboratorium IPA jenjang SMA/SMK di Kota Banda Aceh lebih kompeten dalam mengelola laboratorium sesuai standar yang telah ditetapkan secara nasional.

Keywords


standardisasi; pengelola laboratorium; laboratorium IPA

Full Text:

PDF

References


M. Trisna, "Knowledge Analysis of High School Students on Work Safety in Laboratory," Bioeduscience Vol. 5 No. 2, pp. 137-141, 2021.

N. Gustini and Wulandari, "Manajemen Laboratorium Sains untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran," Jurnal Islamic Education Manajemen Vol. 5 No. 2, pp. 231-244, 2020.

A. Emda, "Laboratorium Sebagai Sarana Pembelajaran Kimia dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Ketrampilan Kerja Ilmiah," Lantanida Journal Vol. 5 No. 1, pp. 83-92, 2017.

Nahdiyaturrahmah, "Pengelolaan Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SMP Negeri 2 Singaraja," Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI) Vol. 3, No. 2, pp. 118-129, 2020.

S. Tambak, "Metode Ceramah: Konsep dan Aplikasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam," Jurnal Tarbiyah Vol. 21 No. 2, pp. 1-27, 2016.

Y. Suryanita, "Penerapan Metode Diskusi dan Tanya Jawab untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sains dan IPS," Suara Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora Vol. 4 No. 2, pp. 321-327, 2018.

J. Manullang, "Efektifitas Metode Diskusi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen pada Masa Pandemi Covid-19," Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 5 No. 3, pp. 12-19, 2021.

I. Effendy, "Pengaruh Pemberian Pre-test dan Post-test Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat hdw.dev.100.2.a Pada Siswa SMK Negeri 2 Lubuk Basung," VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro Vol. 1 No. 2, pp. 81-88, 2016.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v6i3.1336

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Nasir



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :