Pemanfaatan Sistem Administrasi Balita (SiaBa) untuk Pengelolaan Data Posyandu Bougenville Patemon Gunungpati Semarang

Muslih Muslih, Elkaf Rahmawan Pramudya, Arief Soeleman, Siti Hadiati Nugraini, Supriyono Asfawi

Abstract


Lembaga kesehatan yang dapat diakses untuk memperoleh pelayanan kesehatan dasar untuk bayi dan balita adalah posyandu. Salah satu posyandu yang ada di Kota Semarang adalah Posyandu Bougenville Kelurahan Patemon. Posyandu Bougenville melayani penimbangan balita dan imunisasi, Tenaga sukarelawan kesehatan yang telah mendapatkan pelatihan, serta memberikan panduan kesehatan bagi ibu hamil dan ibu menyusui. Kader dan peserta Posyandu sering mengalami kesulitan dalam proses pencarian data. Hal ini disebabkan karena selama ini pencatatan data ditulis secara manual menggunakan tangan. Peserta juga jarang mendapatkan beberapa informasi tentang hasil pencatatan di posyandu. Kendala lain yang dihadapi oleh Posyandu Bougenville adalah ketika jumlah peserta yang banyak ketika ada sebuah event tertentu. Kader posyandu mengalami kesulitan dalam melakukan proses pengolahan data karena banyak data yang sama dicatatkan berulang-ulang sehingga mengakibatkan redudansi data. Hal ini menyebabkan kader Posyandu terkadang melakukan kesalahan dalam penghitungan data saat pembuatan laporan kegiatan Posyandu di tingkat Kelurahan.


Keywords


balita; bougenville; posyandu

Full Text:

PDF

References


Fitrina, N. R. (2016). Pemberdayaan perempuan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui industri kecil di pedesaan (Studi dalam Kelompok Usaha Bersama (KUB) Serang Di Desa Pulorejo Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan).

Nurhidayah, I., Hidayati, N. O., & Nuraeni, A. (2019). Revitalisasi Posyandu melalui Pemberdayaan Kader Kesehatan. Media Karya Kesehatan, 2(2).

Profita, A. C. (2018). Beberapa faktor yang berhubungan dengan keaktifan kader posyandu di Desa Pengadegan Kabupaten Banyumas. Indonesian Journal of Health Administration (Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia), 6(2), 68–74.

Riyadi, I., & Anggraheny, K. R. (2022). PEMBERDAYAAN WANITA MENUJU DESA RAMAH WANITA DAN PEDULI ANAK. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 9(2), 184–189A.

Susanto, C. A. Sari, D. R. I. Moses, E. H. Rachmawanto, and I. Utomo, “Implementasi Facebook Marketplace untuk Produk UMKM sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran dan Penjualan Online,” J. Pengabdi. Masy. - LPPM Univ. Dian Nuswantoro Semarang, vol. 3, no. 1, pp. 42–51, 2020.

I. U. Wahyu Mulyono, A. Susanto, E. H. Rachmawanto, C. A. Sari, and D. R. I. M. Setiadi, “Implementasi E-Learning Menggunakan Edmodo bagi Guru-Guru SD Kecamatan Cawas, Klaten,” vol. 3, no. 1, pp. 56–64, 2020

Muslih, A. Susanto, A. Muqoddas, E. R. Pramudya, and M. A. Soeleman, “Pelatihan dan Pendampingan Peningkatan Keahlihan Modelling Character 3D untuk Siswa dan Guru di SMK ST. FRANSISKUS SEMARANG ,” vol. 4, no. 3, pp. 228–238, 2021

Muslih , Abi Seno Prabowo, Elkaf Rahmawan Pramudya, Arief Soeleman, Sarwadi, "PELATIHAN SDM SEKOLAH KKM MA MRANGGEN DALAM PEMBUATAN KONTEN MEDIA SOSIAL UNTUK BRANDING INSTITUSI SEBAGAI MEDIA PROMOSI PPDB", vol. 5, no. 3, pp. 579–586, 2022




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v6i3.1421

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muslih -



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :