Workshop Pelatihan Bahan Ajar Interaktif dan Inovatif Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Menggunakan Aplikasi Canva

Asyifa Luthfiana Arfani, Andhika Yahya Putra, Alfian Eko Widodo Adi Prasetyo, Inggit Dyaning Wijayanti, Anita Ekantini

Abstract


Workshop merupakan salah satu proyek pengabdian masyarakat yang diikuti oleh Tim Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) UIN Sunan Kalijaga. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan serta kompetensi para guru MI YAPPI Banyusoco terkait penyusunan bahan ajar digital interaktif dan inovatif melalui aplikasi canva. Sepuluh orang guru MI YAPI Banyusocoo menjadi peserta sekaligus subjek dalam kegiatan ini. Peneliti menggunakan metode ceramah, demonstrasi, praktik, serta diskusi. Proses pengumpulan data menggunakan lembar angket respon peserta setelah mengikuti workshop. Peneliti menganalisis data menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif berbentuk persentase. Persentase hasil yang diperoleh berdasarkan analisis data adalah 92,65% yang memenuhi standar sangat tinggi. Peningkatan keterampilan para guru juga dapat terlihat setelah adanya kegiatan ini yaitu guru sudah mampu mendesain bahan ajar yang menarik dan memenuhi kriteria dalam manfaatkan fitur aplikasi Canva. Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini mendapatkan respon positif dari peserta workshop.


Keywords


workshop, canva, bahan ajar, kompetensi guru

Full Text:

PDF

References


A. Abdussalam, S. Pratiwi, Y. Hariyani, and I. Firmansyah, “Workshop Pembuatan PPT Interaktif Menggunakan Aplikasi Canva di UPTD SDN Pangeranan 1 Bangkalan,” Abdi Masyarakat, vol. 4, no. 1, Art. no. 1, Jun. 2022, doi: 10.58258/abdi.v4i1.3707.

L. A. Purwasi and R. Refianti, “Workshop Penggunaan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kompetensi Para Guru Sekolah Dasar,” Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), vol. 3, no. 3, Art. no. 3, Dec. 2022, doi: 10.37385/ceej.v3i3.1274.

G. S. Megahantara, “Pengaruh Teknologi Terhadap Pendidikan di Abad 21,” Universitas Negeri Yogyakarta, 2017.

F. Muh, H. Hotimah, N. Nurhaedah, N. AP, and K. Khaerunnisa, “Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Bahan Ajar Digital di Kabupaten Gowa,” Jurnal Publikasi Pendidikan, vol. 10, no. 3, pp. 266–270, 2020.

A. Prastowo, Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

W. A. Rahayu, S. Y. Riska, L. Widayanti, A. Kala’lembang, and Y. A. Sapoetra, “Edukasi Pembuatan Media Presentasi Interaktif dengan Memanfaatkan Mentimeter,” JPM, vol. 3, no. 2, pp. 206–214, Nov. 2022, doi: 10.32815/jpm.v3i2.434.

D. L. Hakim, “Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Matematika Media Prezi,” UNES Journal of Community Service, vol. 2, no. 2, pp. 157–163, 2017.

N. W. Switrayni, I. G. A. W. Wardhana, I. Irwansyah, Q. Aini, and S. Salwa, “WORKSHOP E-MODUL INTERAKTIF DENGAN CANVA UNTUK PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19,” Jurnal Abdi Insani, vol. 9, no. 2, Art. no. 2, Jun. 2022, doi: 10.29303/abdiinsani.v9i2.435.

L. P. A. Leryan, C. P. Damringtyas, M. P. Hutomo, and B. I. Printina, “The Use of Canva Application As an Innovative Presentation Media Learning History,” Prosiding Seminar Nasional FKIP, pp. 190–203, 2018, doi: https://doi.org/10.24071/snfkip.2018.20.

B. S. Rahmasari, T. W. Chasanatun, S. N. Azzahra, and D. C. Septiyani, “Workshop Pelatihan Pembelajaran Bahasa Inggris Kepada Guru TK Dan Pembuatan Video Pembelajaran Dengan Menggunakan Aplikasi Canva,” ABDIMAS EKODIKSOSIORA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ekonomi, Pendidikan, dan Sosial Humaniora (e-ISSN: 2809-3917), vol. 2, no. 2, Art. no. 2, Sep. 2022, doi: 10.37859/abdimasekodiksosiora.v2i2.3971.

N. Nurhayati, M. Vianty, M. L. Nisphi, and D. E. Sari, “Pelatihan dan Pendampingan Desain dan Produksi Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva for Education bagi Guru Bahasa di Kota Palembang,” Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 6, no. 1, Art. no. 1, Feb. 2022, doi: 10.31849/dinamisia.v6i1.8340.

R. E. Tanjung and D. Faiza, “Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika,” Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), vol. 7, no. 2, Art. no. 2, 2019.

V. N. Hikmah and I. Purnamasari, “PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI ‘BANG DASI’ BERBASIS APLIKASI CAMTASIA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS V SEKOLAH DASAR,” Mimbar Sekolah Dasar, vol. 4, no. 2, Aug. 2017, doi: 10.23819/mimbar-sd.v4i2.6352.

S. Fuada et al., “Workshop Internet-Of-Things untuk Guru dan Siswa Sekolah Menengah di Purwakarta, Jawa Barat, Guna Menunjang Kompetensi Era Industri 4.0,” J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), vol. 4, no. 2, pp. 39–52, 2020, doi: https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v4i2.93.

M. Sholeh, R. Y. Rachmawati, and E. Susanti, “Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk UKM,” SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, vol. 4, no. 1, pp. 430–436, Nov. 2020, doi: 10.31764/jpmb.v4i1.2983.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v6i3.1441

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Asyifa Luthfiana Arfani, Andhika Yahya Putra, Alfian Eko Widodo Adi Prasetyo, Inggit Dyaning Wijayanti, Anita Ekantini



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statcounter

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :