Pemahaman Penulisan Bahasa Inggris dalam Bentuk Free Writing Activities di Desa Pengotan

I Gusti Agung Istri Aryani, Anak Agung Ayu Sri Trisnadewi, I Nyoman tri Ediwan, I Gusti Ngurah Parthama, Anak Agung Sagung Shanti Saridewi

Abstract


Pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di Desa Pengotan bertujuan untuk memotivasi masyarakat agar mau belajar menulis bahasa Inggris dalam bentuk free writing activities. Kebebasan dalam mengeksplorasi dan mengungkapkan ide-ide dalam bentuk tulisan bebas (free writing activities) berbahasa Inggris, terutama terkait dengan peternakan adalah upaya untuk membuka wawasan mereka saat belajar bahasa Inggris. Kegiatan ini berupaya untuk membentuk kesadaran mereka bahwa kemampuan menulis yang dimiliki menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam mempelajari bahasa Inggris. Kreativitas penulisan diperlukan untuk memberi semangat belajar dalam pembelajaran partisipatori dan kooperatif yang menghindari kesan kaku pada suatu tulisan namun eksplorasi ide bisa dilakukan dengan cara yang lebih sederhana namun dapat dipahami oleh pembelajar. Harapannya yaitu pengabdian ini dapat diterima oleh masyarakat yang sedang melakukan persiapan menjadi daerah agrowisata di Bali.


Keywords


kreativitas, eksplorasi ide, agrowisata

Full Text:

PDF

References


Fahrurrozi, 2003, Teknik Praktis Terjemah. Teknomedia.

Khaerani, T. O., 2015, The Use of Free Writing Technique in Improving Writing Ability of Class VIII B Students at SMP Muhammadiyah 2 Mlati in the Academic Year of 2014/2015. Thesis. English Education Study Program. Faculty of Languages and Arts. State University of Yogyakarta.

Noriyani, Seran, E.Y. & Oktaviani, U.D., 2017, Hubungan antara Kebiasaan Menulis dengan Kemampuan Menulis Teks Pidato pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMA Negeri 1 Belitang, Jurnal KANSASI, Vol. 2. No.2. STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, e-ISSN: 2540-7996.

Oesmarjati, B. S., 2004, Kamus Bergambar, Edisi Ketiga, Jakarta: PT Widya Utama.

Padiyono, 2010, Pasti Bisa: The Art of Teaching, Yogyakarta: Andi.

Salam, H. B., 2002, Pengantar Pedagogik (Dasar-Dasar Ilmu Mendidik), Jakarta: PT Rineka Cipta.

Lestari, R., Iskandar dan Fatmasari, E., 2021, Metode Free Writing untuk Meningkatkan Kemampuan Reading dan Writing Teks Deskriptif Mata Pelajaran Bahasa Inggris pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Sewon Kab. Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Pengembangan dan Pemikiran Pembelajaran, Vol. 4. No.2.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v6i3.1443

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 I Gusti Agung Istri Aryani



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :