Pelatihan New Media pada Perangkat Desa Wadaslintang Wonosobo dalam Digitalisasi Promosi Wisata

Abas Setiawan, Riza Arifudin, Endang Sugiharti, Novanka Agnes Sekartaji, Prisma Bayu Nugroho, Agus Subarkah

Abstract


Kecamatan Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo, merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah yang memiliki potensi wisata yang menjanjikan. Sayangnya potensi wisata tersebut kurang terpublikasi sehingga belum banyak masyarakat yang tahu. Kecamatan Wadaslintang membutuhkan peningkatan literasi digital terutama untuk digitalisasi dan promosi potensi wisata pada perangkat desa. Sebagai solusi untuk menjawab permasalahan tersebut, kami melakukan pelatihan penggunaan New Media khususnya Canva, CapCut, dan Instagram bagi perangkat desa. Ada lima tahapan utama pelatihan ini, yaitu pembekalan dan sosialisasi, paparan konsep new media, demonstrasi dan praktek pembuatan konten, distribusi, dan pendampingan. Kegiatan tersebut dilakukan di kantor Kecamatan Wadaslitang Kabupaten Wonosobo dengan 30 peserta perangkat desa. Perangkat desa dapat membuat konten gambar dengan Canva dan konten video dengan CapCut yang kemudian di bagikan pada sosial media Instagram. Perangkat desa cukup menggunakan smartphone masing-masing dalam melakukan kegiatan ini, sehingga mereka merasa antusias dan lebih leluasa dalam melakukan praktik. Sebagai evaluasi kegiatan ini, dilakukan pengujian pre-test dan post-test. Hasil evaluasi tersebut menunjukkan bahwa tingkat literasi dan komunikasi digital perangkat desa Kecamatan Wadaslintang meningkat seiring dengan pelatihan yang sebelumnya telah dipraktekkan. Pendampingan daring dilakukan sebagai tindak lanjut dari pelatihan sehingga perangkat desa bisa saling bertukar informasi dan berkolaborasi seusai pelatihan.

Keywords


Kecamatan Wadaslintang; Potensi Wisata; Pelatihan; Pembuatan Konten; New Media

Full Text:

PDF

References


R. Rachmawati, A. D. Sari, H. A. R. Sukawan, I. M. A. Widhyastana, and R. A. Ghiffari, “The Use of ICT-Based Applications to Support the Implementation of Smart Cities during the COVID-19 Pandemic in Indonesia,” Infrastructures (Basel), vol. 6, no. 9, p. 119, Aug. 2021, doi: 10.3390/infrastructures6090119.

R. Rachmawati, U. Choirunnisa, Z. A. Pambagyo, Y. A. Syarafina, and R. A. Ghiffari, “Work from Home and the Use of ICT during the COVID-19 Pandemic in Indonesia and Its Impact on Cities in the Future,” Sustainability, vol. 13, no. 12, p. 6760, Jun. 2021, doi: 10.3390/su13126760.

N. Astari, “A Literature Review: Digital Marketing Trends in Indonesia During the COVID-19 Pandemic,” CHANNEL: Jurnal Komunikasi, vol. 9, no. 2, p. 125, Oct. 2021, doi: 10.12928/channel.v9i2.20836.

W. Kuang et al., “Equity in telemedicine for older adults during the COVID-19 pandemic,” Int Health, vol. 14, no. 3, pp. 329–331, May 2022, doi: 10.1093/inthealth/ihab058.

D. Harisanty et al., “Digital Literacy for Covid 19 Information in Indonesian Society,” Library Philosophy and Practice (e-journal), 2021, [Online]. Available: https://digitalcommons.unl.edu/libphilprac

S. C. Setyawatiningsih, A. P. Panggabean, M. Z. Al Mufid, N. A. Hanifah, S. N. A. S. Fitri, and T. A. A. Dasih, “Layanan Masyarakat Administrasi Desa Berbasis Digital Melalui Media Whatsapp Di Desa Seminai,” Journal of Comprehensive Science, vol. 1, no. 2, pp. 174–180, 2022.

C. Rahmad, A. Datumaya, W. Sumari, A. P. Kirana, Z. Abdullah, and S. E. Sukmana, “Perangkat Desa Melek Digital dan Kreatif: Pelatihan Pengembangan Konten Digital di Desa Ngijo Kabupaten Malang Village Officer Who Digital Literated and Creative: Digital Content Development Training in Desa Ngijo Kabupaten Malang,” Abdimasku, vol. 4, no. 2, pp. 7–13, 2021.

O. H. Taufiq, D. Yuliani, and D. Hermawandi, “Tata Kelola Pemerintah Desa Berbasis E-Government Menuju Good Governance,” Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, vol. 6, no. 1, pp. 145–152, 2019.

A. Efendi, S. Budiningsih, and R. H. Putri, “Pengembangan Kewirausahaan Gula Semut Di Kecamatan Wadaslintang Kabupaten Wonosobo,” AGRITECH, no. 2, pp. 89–98, 2017, doi: 10.30595/agritech.v19i2.2505.

L. Agustiana and H. D. Atmanti, “Analisis Efisiensi Obyek Wisata Di Kabupaten Wonosobo,” Diponegoro Journal of Economics, vol. 2, no. 2, pp. 1–11, 2013, [Online]. Available: http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jme

M. S. Faqih, E. P. Program, S. Manajemen, F. Ekonomi, and D. Bisnis, “Analisis SWOT Potensi Desa Plunjaran Kecamatan Wadaslintang Kabupaten Wonosobo,” Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), vol. 2, no. 2, 2021.

D. Menon, “Updating ‘Stories’ on social media and its relationships to contextual age and narcissism: A tale of three platforms – WhatsApp, Instagram and Facebook,” Heliyon, vol. 8, no. 5, p. e09412, May 2022, doi: 10.1016/j.heliyon.2022.e09412.

J. A. Asyraf, E. Maryani, and R. Andari, “The Role of Instagram Media In Branding Destinations Among Youth In Bukittinggi City,” JHSS (Journal of Humanities and Social Studies), vol. 6, no. 2, pp. 161–164, Jul. 2022, doi: 10.33751/jhss.v6i2.5399.

F. S. Mubarok, “Pemanfaatan New Media untuk Efektivitas Komunikasi di Era Pandemi,” Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, vol. 10, no. 1, pp. 28–42, 2022, doi: 10.30659/jikm.10.1.28-42.

R. Amelia and N. Yuwita, “Analisis Digital Marketing Live Tiktok Shop @Tantelalapunyacerita Sebagai New Media Promotion Di Era Disrupsi Menggunakan pendekatan Model AIDA,” AL-ITTISHOL Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, vol. 4, no. 2, pp. 144–154, 2023.

R. Anisa and Yustikasari, “Media Komunikasi dan Promosi Laut Biru Hotel Pangandaran,” JIP Jurnal Inovasi Penelitian, vol. 2, no. 1, pp. 735–742, 2021.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v6i3.1556

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Abas Setiawan, Riza Arifudin, Endang Sugiharti, Novanka Agnes Sekartaji, Prisma Bayu Nugroho, Agus Subarkah



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :