Pelatihan Desain Foto dan Katalog Produk Bank Sampah Pentul Asri Semarang


Abstract


Bank sampah pentul asri berdiri sejak tahun 2018. Stereotype yang muncul yaitu bank sampah hanya mengumpulkan sampah – sampah dari masyarakat dan belum diolah dengan baik menjadi produk yang bermanfaat. Hal ini tentunya menjadi penghambat kemajuan program dari bank sampah tersebut yang mana cukup disayangkan bahwa program ini mendapat dukungan penuh dari wilayah tingkat RW maupun kelurahan setempat sehingga layak untuk dipublikasikan lebih jauh. Masalah lain yang timbul yaitu pengelola bank sampah hanya fokus pada bagaimana cara mengubah sampah menjadi produk, sedangkan potensi – potensi dari produk yang telah dihasilkan pun juga belum dipromosikan kepada masyarakat secara luas. Promosi menjadi kegiatan wajib di era serba digital dan online ini, untuk mempublikasikan produk – produk hasi olahan bank sampah Pentul Asri. Diperlukannya upaya pelatihan desain foto dan katalog produk bank sampah Pentul Asri Semarang sekaligus menjadi tema dan judul kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diajukan untuk memberikan pengetahuan, motivasi, serta ketrampilan dalam menciptakan konsep desain foto dan katalog produk untuk memperkenalkan sekaligus mempromosikan hasil olahan bank sampah. Adapun hasil luaran dari kegiatan ini yaitu konsep fotografi dan pemanfaat media katalog sebagai upaya pengenalan dan promosi produk – produk bank sampah Pentul Asri yang secara tidak langsung juga turut memajukan potensi wilayah kelurahan Tinjomoyo.


Keywords


Bank sampah, Desain katalog, Foto produk,

Full Text:

PDF

References


Suranggono, “Aktivitas Masyarakat Kembali Normal, Produksi Sampah di Kota Semarang Kembali Meningkat,” 2022. https://semarangkota.go.id/p/3873/aktivitas_masyarakat_kembali_normal,_produksi_sampah_di_kota_semarang_kemba (accessed Mar. 27, 2023).

Webmaster, “3 Cara Mengelola Bank Sampah yang Benar,” 2020. https://dlh.semarangkota.go.id/3-cara-mengelola-bank-sampah-dengan-benar/, (accessed Mar. 27, 2023).

Pietra Saroso, Kiat praktis membuka usaha : langkah awal menjadi entrepreneur sukses / Pietra Sarosa. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2004.

A. P. Gunawan, “Peranan Warna dalam Karya Fotografi,” Humaniora, vol. 3, no. 2, p. 540, 2012, doi: 10.21512/humaniora.v3i2.3397.

Setyawati, Pengantar Bisnis: Konsep dan Strategi Bisnis. Bandung: Media Sains Indonesia, 2023.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v6i3.1563

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Puri Sulistiyawati



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :