Pelatihan Foto Produk Berbasis Smartphone bagi Pengusaha Batik di Kampung Batik Rejomulyo

Muhammad Rifki Ardian, Mirza Yuansyah, Gustina Alfa Trisnapradika, Lusi Noviani Prasetyo

Abstract


Pandemi covid-19 telah membangun budaya baru yaitu jual beli online. Hal ini juga terjadi di Kampung Batik Rejomulyo yang berpenduduk dengan mata pencaharian umumnya adalah pengusaha batik. Pergeseran penjualan konvensional menjadi online, menimbulkan masalah baru yaitu kesulitan mendapatkan foto produk yang baik dan memuaskan konsumen. Para pemilik toko batik memiliki pola pikir bahwa melakukan foto produk tidak bisa dengan smartphone yang dimiliki karena kualitasnya kurang baik. Padahal faktanya dengan pengetahuan tentang teknik dan pengalaman menggunakan smartphone untuk mengambil foto produk, kita bisa mendapatkan hasil foto yang mengagumkan. Kegiatan pengabdian ini dilakukan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang teknik pengambilan foto produk dari smartphone termasuk teknik angle dan pemanfaatan cahaya.


Keywords


Foto produk, smartphone, Kampung Batik Rejomulyo

Full Text:

PDF

References


Hardilawati, W. L., 2020, Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19, Jurnal Akuntansi dan Ekonomika, Vol. 10, No. 1.

Wardani, D. A. K., 2020, Strategi Penjualan Online Bagi Pelaku Usaha Pasca Pandemi Covid-19 Berdasarkan Pemetaan Perubahan Perilaku Konsumen, E-Journal Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Wahyudi, Mukrodi, Sugiarti, E., Marayasa, I. N., dan Mawardi, S., 2022, Mengenal Pemasaran Digital Dan Market Place: Solusi Meningkatkan Penjualan di Masa Pandemi Covid-19, Jurnal PKM Manajemen Bisnis, Vol. 2, No.1.

Peraturan Walikota Semarang No 22 Tahun 2018

Pratiwi, A. A. M., 2020, Peran Media Sosial dalam Meningkatkan Penjualan Online Saat Pandemi Covid-19, Jurnal Satyagraha, Vol. 03, No. 02.

Fauzi, S. dan Lina, L. F., 2021, Peran Foto Produk, Online Customer Review, Online Customer Rating pada Minat Beli Konsumen di E-Commerce, Jurnal Muhammadiyah Managemen Bisnis, Vol. 02, No.1.

Saptiyono, A., Watie, E. D. S., dan Febriana, K. A., 2021, Pelatihan Fotografi Produk Bagi UMKM Kelurahan Gebangsari, Jurnal Tematik, Vol. 3, No. 1.

Atalla, J., 2010, Memotret Foto Produk Untuk Toko Online Dengan Smartphone, PT. Grasindo.

Nugraheny, D., Pujiastuti, A., Sudaryanto, Wintolo, H., Agustian, H., Aryanto, S., Indrianingsih, Y., dan Honggowibowo, A. S., 2021, Pendampingan Pelatihan Cara Pengambilan Foto Produk UMKM Untuk Pemasaran di Media Social, Kancanegara: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 5, No. 1.

Indrianingsih, Y., 2021, Webinar Teknik Pengambilan Foto Berdasarkan Angle Menggunakan Kamera di UMKM Desa Pengkok Kecamatan Patuk Gunungkidul, PKM Internal ITDA.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v6i3.1573

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Rifki Ardian, Mirza Yuansyah, Gustina Alfa Trisnapradika, Lusi Noviani Prasetyo



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :