Pemberdayaan Siswa Dalam Implementasi Digital Marketing Pada Produk Pertanian

Rahmi Nofitasari, Vista Uli Sihombing, Herlyna Novasari Siahaan

Abstract


Lokasi Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SMK Delisha yang merupakan salah satu lokasi penghasil produk pertanian terbesar di Sumatera Utara dan sebagian besar anak-anak muda tersebut merupakan anak petani. Namun belakangan ini disinyalir bahwa anak-anak muda di tingkat sekolah tersebut tidak banyak yang termotivasi memasarkan produk pertanian melalui digital marketing. Pengabdian ini bertujuan untuk (1) peningkatan digitalisasi marketing pada produk pertanian pada siswa SMA Delisha di Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang, dan (2) Evaluasi penguasaan digitalisasi marketing pada produk pertanian pada siswa SMA Delisha di Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang. Pelaksanaan kegiatan pengabdian dilakukan pada 23-24 Mei 2023 di Yayasan Pendidikan Delisha Deliserdang. Pelaksanaan kegiatan dilakukan penyuluhan dan pelatihan siswa untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam memasarkan produk dengan menerapkan content marketing. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest, post test dan evaluasi kegiatan yang diberikan kepada 31 orang siswa berpartisipasi. Data kemudian diolah untuk mendapatkan nilai rata-rata, terendah dan tertinggi. Hasil kegiatan yaitu terjadinya peningkatan penguasan digital marketing, dengan dibuktikan sebelum mendapatkan pelatihan, sebanyak 45,16% siswa cukup menguasai digital marketing, setelah dilakukan pelatihan sebanyak 51,16% siswa meningkat menjadi menguasai digital marketing. Pada evaluasi penguasaan digital marketing, siswa cukup memahami pentingnya dan peluang digital dalam pemasaran produk pertanian.


Keywords


Content Marketing, Digital Marketing, Media Sosial, Produk Pertanian

Full Text:

PDF

References


Ainiyah, N., 2018, Remaja Millenial dan Media Sosial: Media Sosial Sebagai Media Informasi Pendidikan Bagi Remaja Millenial. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, No.2, Vol.2, 221236, https://doi.org/10.35316/jpii.v2i2.76

Dermawan, A., 2019, Urgensi Perlindungan Hukum Bagi Korban Tindak Pidana Kejahatan Teknologi Informasi, Journal of Science and Social Research, 4307(2), 3946. http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JSSR

Nafisah, H., & Kiswanul, A., 2020, Pengaruh Promosi Berbasis Media Sosial Facebook Terhadap Keputusan Pembelian Produk Health Food Dan Beverages Hni Hpai. Jurnal Administrasi Publik Dan Administrasi Bisnis,No.3, Vol.2, 934947.

Mishra CK., 2020, Digital Marketing: Scope Opportunities and Challenges, Diakses pada 15 Juni 2023, pada https://doi.org/10.5772/intechopen.92329

Schwarzl, S., & Grabowska, M., 2015, Online marketing strategies: The future is here, Journal of International Studies, No.8, Vol.2, 187196. https://doi.org/10.14254/2071-8330.2015/8-2/16

Upadhyay, A. K., Sowdhamini, R., & Patil, V. U., 2021, Bioinformatics for agriculture: High-throughput approaches. In Bioinformatics for Agriculture: High-Throughput Approaches. https://doi.org/10.1007/978-981-33-4791-5




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v6i3.1598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rahmi Nofitasari



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :