Pelatihan Penulisan Berita Dan Pengelolaan Website Desa Wisata Guci

Didi Permadi, Faisal Hidayat, Raffi Setyo Putri

Abstract


Menyandang gelar desa Wisata, sudah sepatutnya desa guci menjadi desa percontohan baik dalam perkembangan teknologi maupun pelayanan akses informasi. Kebutuhan atas informasi menjadi kebutuhan mendasar bagi semua orang. Oleh karenanya pemerintah pusat hingga tatanan pemerintah Desa yang menjadi Lembaga pemerintah dengan tugas mengelola wilayah tingkat desa harus mampu memberikan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat, tak terkecuali pelayanan dalam bidang komunikasi. Kemampuan pengelolahan informasi menjadi sebuah berita menjadi salah satu unsur terpenting dalam sebuah Lembaga. Tim Pengabdian UPS berupaya memberikan pelatihan dasar jurnalistik dan pengelolaan website. sebagai bentuk Pengabdian kepada masyarakat. Pelatihan Dasar jurnalistik yang dikemas dalam Pelatihan penulisan berita dan pengelolaan website. Tujuannya adalah untuk meningkatkan skill dan kemampuan aparatur desa dalam bidang jurnalistik, dan pengelolaan website sehingga dapat diaplikasikan dalam pelayanan aparatur desa kepada masyarakat setempat.

Pelaksanaannya menggunakan metode ceramah (pemberian materi) dan pelatihan secara langsung (workshop), dengan target peserta adalah perangkat desa se Kecamatan Wanasari brebes sebanyak 21 peserta dari 6 Dusun. Pelaksanaan diagendakan dilakukan dalam dua hari pelaksananaan. Output dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah publikasi media massa atau terbit jurnal pengabdian masyakat UPS Tegal

 

Kata kunci: Jurnalistik, Pengelolaan Website, workshop, Desa wisata Guci


Keywords


Journalism, Website Management, workshops, Guci tourism village

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v7i1.1635

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Didi Permadi



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :