Penguatan Pemahaman Literasi Digital Pada Remaja Sebagai Generasi Milenial Era Society 5.0

Sri Mulyati, Atin Nuryatin, Rani Tania Pratiwi, Misbahul Khoer, Iskandar Iskandar, Yeyen Suryani, Nur Umamah, Neng Yola

Abstract


Abstrak

Remaja sebagai agen perubahan memiliki peran penting dalam proses pembangunan dalam menyelesaikan berbagai tantangan sosial, terutama di era digital. Berbagai perkembangan Ipteks menjadikan perubahan pada hampir setiap aspek kehidupan manusia. Banyak hal yang terjadi saat ini yang membuat manusia bersaing di era global. Salah satu upaya untuk merespon perubahan yang terus berlangsung yaitu dengan terus meningkatkan dan mengembangkan SDM potensial melalui peningkatan potensi dan skill para remaja. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan kesadaran, pemahaman dan penggunaan pengetahuan digital yang bermakna di era informasi dan teknologi yang terus berkembang dengan sangat pesat. Sasaran kegiatan ini adalah pemuda desa Bojong Cilimus Kuningan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode presentasi dan diskusi, dimana peserta kegiatan program pengabdian akan dipandu melalui setiap kegiatan. Output yang diharapkan dari kegiatan ini adalah mampu meningkatkan kesadaran di era society dalam meningkatkan pemahaman literasi digital bagi generasi milenial.

 

Kata kunci: Literasi Digital, Generasi Millenial, Media Sosial

 

Abstract

Youth as agents of change have an important role in the development process in solving various social challenges, especially in the digital era. Various developments in science and technology make changes to almost every aspect of human life. Many things are happening right now that make humans compete in the global era. One of the efforts to respond to ongoing changes is to continue to improve and develop potential human resources through increasing the potential and skills of youth. The aim of this program is to increase awareness, understanding and meaningful use of digital knowledge in an age of information and technology that continues to develop very rapidly. The target of this activity is the youth of Bojong Cilimus Kuningan village. The method used in this activity is the presentation and discussion method, where participants in the service program activities will be guided through each activity. The expected output of this activity is to be able to increase awareness in the era of society in increasing understanding of digital literacy for the millennial generation.

 

Keywords: Digital Literacy, Millennial Generation, Social Media


Full Text:

PDF

References


Brown, T. (2011). Are you a digital native or a digital immigrant? Being client centred in the digital era. Official Journal of The College of Occupational Therapists, 74(7), 313.

Casey, L., & Bruce, B. C. (2011). The Practice Profile of Inquiry: Connecting Digital Literacy And Pedagogy. E-Learning and Digital Media, 8(1), 76-85.

Kuek, A., & Hakkennes, S. (2019). Healthcare Staff Digital Literacy Levels And Their Attitudes Towards Information Systems. Health Informatics Journal, 1-21.

Yanti, M. (2016). Determinan Literasi Digital Mahasiswa: Kasus Universitas Sriwijaya. Buletin Pos dan Telekomunikasi, 14(2), 79-94.

Jordana, T. A., & Suwarto, D. H. (2017). Pemetaan Program Literasi Digital di Universitas Negeri Yogyakarta. Informasi Kajian Ilmu Komunikasi, 47(2), 167-180.

Kurnia, N., & Astuti, S. I. (2017). Peta Gerakan Literasi Digital di Indonesia: Studi Tentang Pelaku, Ragam Kegiatan, Kelompok Sasaran Dan Mitra. INFORMASI Kajian Ilmu Komunikasi, 47(2), 149-166.

Gui, M., & Argentin, G. (2011). Digital Skills of Internet Natives:Different Forms of Digital Literacy in a Random Sample of Northern Italian High School Students. New Media & Society, 13(6), 963-980.

Kızıl, A. S. (2017). EFL Learners in the Digital Age: An Investigation into Personal and Educational Digital Engagement. RELC Journal, 48(3), 373-388.

Mishra, K. E., Wilder, K., & Mishra, A. K. (2017). Digital literacy In The Marketing Curriculum: Are Female College Students Prepared For Digital Jobs?. Industry And Higher Education, 31(3), 204-211.

Jones & Hafner. (2012). Understanding Digital Literacies (a Practical Introduction). New York: Routledge.

Ryan, T., & Xenos, S. (2011). Who Uses Facebook? An Investigation Into The Relationship Between Big Five, Shyness, Narcissism, Loneliness, and Facebook Usage. Computers in Human Behaviour, 27, 1658-1664.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v7i1.1691

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sri Mulyati, Atin Nuryatin, Rani Tania Pratiwi, Iskandar Iskandar, Nur Umamah



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statcounter

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :