Penanaman Karakter Bagi Anak Usia Dini Melalui Cerita Wayang

Sarno Hanipudin, Anisatun Muanasah

Abstract


Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman pentingnya penanaman karakter bagi anak sejak usia dini ditengah ‘gempuran’ karakter-karakter yang muncul ditelevisi, media sosial dan youtube yang seringkali tidak sesuai dengan masa pembentukan karakter mereka. Oleh karena itu pengabdian ini menjadi penting untuk dilaksanakan dengan tujuan mengenalkan karakter-karakter dalam pewayangan dan merefleksikan karakter tersebut kepada anak. Harapan dengan pengabdian ini adalah anak-anak mengerti dan mampu meneladani karakter tokoh dalam pewayangan. Kegiatan ini dilaksanakan di RA Miftahul Huda Desa Segaralangu Kabupaten Cilacap, dengan target peserta dengan jumlah 20 peserta didik. Berdasarkan hasil evaluasi, pengabdian mendapatkan respon positif dan mencapai hasil yang memuaskan, dengan indikator peserta didik mampu mengikuti kegiatan sampai akhir dan berani untuk melakukan kontak fisik memegang wayang dan aktif dalam sesi pendalaman.  


Keywords


pendidikan karakter, anak usia dini, cerita wayang

Full Text:

PDF

References


R. M. Sarno Hanipudin, Lastri Hasanah, “Revitalisasi Karakter Peserta Didik Dalam Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari,” Qalam J. Pendidik. Islam, vol. 2, no. 2, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.stais.ac.id/index.php/qlm/article/view/88

S. Hanipudin, “Konsepsi Guru Modern Dalam Pendidikan Islam,” Al-Munqidz J. Kaji. Keislam., vol. 8, no. 3, pp. 338–357, 2020, doi: 10.52802/amk.v8i3.265.

S. Hanipudin, “Pendidikan Islam di Indonesia dari Masa ke Masa,” Matan J. Islam Muslim Soc., vol. 1, no. 1, p. 39, 2019, doi: 10.20884/1.matan.2019.1.1.2037.

A. Sutanto, Pendidikan Anak Usia Dini: Konsep dan Teori. Jakarta: Bumi Aksara, 2017.

N. A. Wiyani, Psikologi Perkembangan AUD. Yogyakarta: Penerbit Gava Media, 2014.

M. Hasan, PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Jogjakarta: DIVA Press, 2009.

M. C. Paseleng, Krismiyati, and H. Yulia, “Pendampingan Belajar bagi Anak Usia Sekolah Dasar dan Menengah,” Abdimasku J. Pengabdi. Masy., vol. 6, no. 2, p. 478, 2023, doi: 10.33633/ja.v6i2.1227.

M. H. Y. S. dan F. F. Sufa, “PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN BERCERITA,” ADIWIDYA, vol. II, no. 1, p. 132, 2018, [Online]. Available: https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/adiwidya/article/view/2093/1863

D. Koesoemah, Pendidikan Karakter Berbasis Kelas. Yogyakarta: Kanisius, 2018.

Mukhlisin, “Wayang Sebagai Media Pendidikan Karakter ( Perspektif Dalang Purwadi Purwacarita ),” Attaqwa J. Ilmu Pendidik. Islam, vol. 17, no. 2, pp. 132–139, 2021, [Online]. Available: https://blasemarang.kemenag.go.id/journal/index.php/analisa/article/view/115/70

I. P. Ardiyasa and I. K. A. Yasa, “Model Pembelajaran Kesenian Wayang Berbasis Augmented Reality,” Widyadharma Pros. Pendidik. …, pp. 254–260, 2022, [Online]. Available: https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/widyadharma/article/view/2237%0Ahttps://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/widyadharma/article/download/2237/1623

J. Noegroho, “Pertunjukan Wayang Beber Fabel Sebagai Media Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar,” Abdimas Univers., vol. 5, no. 1, pp. 138–145, 2023, [Online]. Available: https://doi.org/10.36277/abdimasuniversal.v5i1.281

H. H. Zahra Apriantika Ardi Sari, Iis Nurasiah, Dyah Lyesmaya, Nasihin Nasihin, “Wayang Sukuraga: Media Pengembangan Karakter Menuju Profil Pelajar Pancasila,” J. Basicedu, vol. 6, no. 3526–3535, 2022, doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2698.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v7i1.1738

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sarno Hanipudin



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :