Pendampingan Penggunaan Media Pembelajaran Game Edukasi "Code.org" bagi Siswa SMP Ibu Kartini Semarang

Yani Parti Astuti, Egia Rosi Subhiyakto, Liya Umaroh, Totok Sutojo, Catur Supriyanto

Abstract


Transformasi pendidikan lewat kebijakan merdeka belajar
adalah perwujudan demi mewujudkan SDM Unggul Indonesia yang memiliki
Profil Pelajar Pancasila. Merdeka belajar ditujukan untuk jenjang pendidikan dasar dan
pendidikan menengah seperti SMP/SMA/SMK/Sederajat. Jenjang SMP yang pada kurikulum 2013 tidak ada mata pelajaran TIK, tapi pada saat akan masuk SMA dituntut untuk bisa materi TIK secara dasar. Untuk itu tim pengabdian Udinus menawarkan adanya suatu kerja sama yang intinya memberi pelatihan dan pendampingan kepada siswa – siswa SMP Ibu Kartini belajar materi tentang TIK. Agar materi yang akan diberikan tidak membosankan, maka materi tersebut akan diambil tema game edukasi. Banyak geme edukasi yang tersebar di dunia teknologi saat ini, maka tim pengabdi memilih metode yang sesuai dengan siswa SMP dan bisa menjadi bekal siswa – siswa tersebut dalam menghadapi program merdeka belajar saat SMA nanti. Metode yang akan diambil adalah metode pemahaman logika dalam pemrograman computer yang ada pada game edukasi code.org. Dalam game tersebut siswa bisa mengerjakan 20 game yang tingkat kesulitannya berdasarkan logika pemrograman computer yang nantinya akan dipelajari di SMA. Dengan pelatihan game edukasi ini, siswa bisa benar – benar mengerti tentang logika pemrograman. Pada akhir pelatihan ini, siswa akan mendapatkan sertifikat dari code.org bila bisa menyelesaikan 20 game dengan benar.


Keywords


merdeka belajar, game edukasi, kurikulum

Full Text:

PDF

References


R. Vhalery, A. M. Setyastanto, and A. W. Leksono, “Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur,†Res. Dev. J. Educ., vol. 8, no. 1, p. 185, 2022, doi: 10.30998/rdje.v8i1.11718.

H. Hutabarat, R. Elindra, and M. S. Harahap, “Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Di Sma Negeri Sekota Padangsidimpuan,†J. MathEdu (Mathematic Educ. Journal), vol. 5, no. 3, pp. 58–69, 2022, [Online]. Available: http://journal.ipts.ac.id/index.php/

D. Solehudin, T. Priatna, and Q. Y. Zaqiyah, “Konsep Implementasi Kurikulum Prototype,†J. Basicedu, vol. 6, no. 4, pp. 7486–7495, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3510.

M. Iqbal, S. Rahayu, and T. Herdiawan, “Rancang Bangun Sistem Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Web Guna Meningkatkan Ranah Psikomotorik Pada Mata Pelajaran Matematika di Level SMP,†J. CoreIT J. Has. Penelit. Ilmu Komput. dan Teknol. Inf., vol. 6, no. 1, p. 8, 2020, doi: 10.24014/coreit.v6i1.9115.

A. Rizal and K. Hernawati, “Pengembangan Game Edukasi Matematika dengan Pendekatan Guided Discovery untuk Siswa SMP Kelas VIII,†J. Pendidik. Mat., vol. 6, no. 3, pp. 1–8, 2017.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v7i1.1799

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 yani parti astuti, Egia Rosi Subhiyakto, Liya Umaroh, Totok Sutojo, Catur Supriyanto



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :