Strategi Promosi Melalui Digital Marketing Produk UMKM Pesantren Al-Ihsaan

Winda Oktaviani, Wachjuni Wachjuni, Januar Habibi Mahsyar

Abstract


Pesantren Al-Ihsaan merupakan pondok pesantren yang berada di desa Windujanten. Pesantren Al-Ihsaan merupakan pesantren tertua di Kuningan. Di pesantren ini, selain santri dididik untuk bersekolah dan mengaji, santri diajarkan pula berbisnis dan mengasah keahlian atau skill. Usaha yang sedang berjalan saat ini adalah produk minuman herbal, kopi jahe, pupuk organic, minuman sari buah dan keset. Pengabdian ini bertujuan untuk mengedukasi bagaimana meningkatkan penjualan melalui promosi digital marketing, pada tahap awal dilakukan  identifikasi masalah dan FGD (Focussed Group Discussion), ditemukan bahwa permasalahan mitra yang menjadi prioritas disini diantaranya volume penjualan yang tidak mengalami peningkatan sebab penjualannya masih dilakukan secara tradisional karena terkendala oleh SDM yang kurang kompeten dalam memanfaatkan media digital sebagai alat promosi. Pada tahap berikutnya dilakukan pelatihan dan pendampingan pembuatan toko online pada marketplace dan media sosial. Monitoring dan evaluasi dilakukan selama 3 bulan, dan hasilnya toko online kedai U-Can milik pondok pesantren Al-Ihsaan telah berhasil melayani beberapa pesanan online pada marketplace dan telah memiliki cukup banyak konten yang diunggah ke media sosial.


Keywords


Promosi;Digital Marketing;Media Sosial;Marketplace

Full Text:

PDF

References


A. F. Budi Setiawan, “Pendampingan Penerapan Strategi Promosi Berbasis Digital Bagi UMKM Di Wilayah Kota Bogor,” JADKES, vol. 1, no. 1, pp. 29–36, 2020, doi: 10.374.

E. Widia, D. J. Putra, and U. P. Indonesia, “DISEMINASI PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA DALAM PRODUK UMKM,” pp. 99–114, 2021.

D. Chaffey and F. Ellis-Chadwick, Digital Marketing. Pearson, 2019. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=-1yGDwAAQBAJ

B. Arianto, “Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19,” vol. 6, no. 2, pp. 233–247, 2020.

M. K. Tabroni, “STRATEGI PROMOSI PRODUK MELALUI DIGITAL MARKETING KEPUTUSAN KONSUMEN,” JRE J. Ris. Entrep., vol. 4, no. 1, pp. 49–57, 2021, doi: 10.30587/jre.v4i1.2217.

N. S. Prameswari, M. Suharto, and N. Afatara, “Developing E-Commerce for Micro Small Medium Enterprise (MSME) to Cope with Cultural Transformation of Online Shopping,” J. Din. Manaj., vol. 8, no. 2, pp. 188–198, 2017, doi: 10.15294/jdm.v8i2.12759.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v7i1.1831

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Winda Oktaviani, Wachjuni Wachjuni, Januar Habibi Mahsyar



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :