Pelatihan Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Minat Wirausaha Mahasiswa Jurusan Peternakan Politani Pangkep

Agus Hadi Prayitno, Rosa Tri Hertamawati, Nani Irwani, Nelzi Fati, Nilawati Nilawati, Ummul Masir, Fitriani Akhsan, Fahruddin Wakano, Alima Bachtiar Abdullahi, Rusna Meswari

Abstract


Pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kewirausahaan untuk dapat meningkatkan minat, movitasi, kreativitas, dan juga inovasi bagi mahasiswa Jurusan Peternakan Politeknik Pertanian Negeri Pangkajne Kepulauan. Melalui pelatihan ini, mahasiswa akan diberikan pembekalan dalam menciptakan ide-ide segar yang kreatif dan inovatif dalam dunia wirausaha. Kemampuan berwirausaha yang didapat dari pelatihan ini akan bermanfaat bagi mahasiswa untuk memenuhi kebutuhan pribadi serta memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar dengan membuka lapangan kerja. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini akan dilakukan melalui pelatihan kewirausahaan, dengan metode ceramah dan sesi tanya jawab sebagai pendekatan utama. Melalui ceramah, peserta mahasiswa akan mendapatkan pengetahuan umum mengenai wirausaha, langkah-langkah memulai usaha, dan cara menemukan peluang dari usaha. Evaluasi dilaksanakan guna mengukur efektivitas pelatihan dalam meningkatkan minat dan semangat mahasiswa untuk terlibat dalam dunia wirausaha. Evaluasi ini juga digunakan untuk mengukur dari pencapaian dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Penilaian dilakukan dengan menggunakan kuisioner yang diisi oleh peserta mahasiswa. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan minat mahasiswa Jurusan Peternakan Politani Pangkep untuk terlibat dalam kegiatan wirausaha setelah mereka menerima materi dan motivasi terkait wirausaha.

Keywords


kewirausahaan; mahasiswa; minat; pelatihan; wirausaha

Full Text:

PDF

References


Mahendra, R., I, Sefrianti, S. Lubis, A. Rasjid, P. Dahlan, S.M. Fane, R. Aminus, and S. Darmawan, 2023, Pelatihan Workshop Kewirausahaan untuk Mendorong Pengembangan Minat Wirausaha Mahasiswa, JPKM: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat., Vol. 2, No. 2, 242–248.

Mopangga, H., 2014, Faktor Determinan Minat Wirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo, TRIKONOMIKA, Vol. 13, No. 1, 78–90.

Pihie, Z.A.L., 2009, Entrepreneurship as a career choice: An analysis of entrepreneurial self-efficacy and intention of university students, European Journal of Social Sciences, Vol. 9, No. 2, 338–349.

Siswandi, Y. 2013, Analisis Faktor Internal, Faktor Eksternal dan Pembelajaran Kewirausahaan yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa dalam Berwirausaha, Jurnal Manajemen Bisnis, Vol. 13, No. 1, 1–17.

Rokhani, R., N.D. Novikarumsari, S. Sofia, and D. Soejono, 2022, Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kewirausahaan Di Desa Gelung, Panarukan, Situbondo, SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, Vol. 6, No. 1, 494–497.

Karunia A. M. and Y. Sukmana, 2022, Bahlil: Kalau Kita Tidak Ciptakan Lapangan Kerja, Kampus Bisa Jadi Pabrik Pengangguran, https://money.kompas.com/read/2022/10/04/160500126/bahlil--kalau-kita-tidak-ciptakan-lapangan-kerja-kampus-bisa-jadi-pabrik diakses tgl 1 Agustus 2023.

Caesaria, S. D. and A. P. Kasih, 2022, 80 Persen Mahasiswa Bekerja Tidak Sesuai Jurusan, Ini 4 Alasannya, https://www.kompas.com/edu/read/2022/11/07/090548371/80-persen-mahasiswa-bekerja-tidak-sesuai-jurusan-ini-4-alasannya?page=all diakses tgl 2 Agustus 2023.

Frese, M. and M. M. Gielnik, 2014, The Psychology of Entrepreneurship, Annual Review of Organizational Psychology and Organizational Behavior, Vol. 1, 413–438,

Resmi, G.G., 2013, Membangun Jiwa Kewirausahaan Melalui Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan di Kalangan Mahasiswa (Sebuah Model Pelatihan Kewirausahaan di Kalangan Mahasiswa), Sustainable Competitive Advantage (SCA), Vol. 3, No. 1, 1–7.

Fatimah, N., S.Y. Pratama, G.P. Sari, N.K. Putri, and N. Aurina, 2023, Pelatihan Pengolahan Limbah Rumah Tangga Menjadi Eco-Enzyme Bagi Ibu-Ibu Rumah Tangga Di Desa Rowoindah Kecamatan Ajung Kabupaten Jember, Abdimasku, Vol. 6, No. 3, 748–753.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v7i1.1836

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Agus Hadi Prayitno, Rosa Tri Hertamawati, Nani Irwani, Nelzi Fati, Nilawati Nilawati, Ummul Masir, Fitriani Akhsan, Fahruddin Wakano, Alima Bachtiar Abdullahi, Rusna Meswari



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :