Pemanfaatan Desain Poster Sebagai Sarana Publikasi Branding Kedai Es Koffie Cap Lyon

Faruk Alfiyan, Aditya Rizky Novandi

Abstract


Kedai Es Koffie Cap Lyon adalah salah satu usaha kuliner yang berada di kawasan Pecinan Kabupaten Banyuwangi. Kedai yang disetting sebagai tempat berkumpulnya anak muda ini memiliki nuansa Chinnese Town yang instagrammable. Namun demikian, kedai ini masih harus melakukan penguatan branding dan melakukan publikasi secara all out agar dapat lebih dikenal oleh masyarakat secara luas, khususnya generasi milenial. Hal ini dikarenakan saat ini telah banyak bermunculan usaha-usaha sejenis yang menjadi kompetitornya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka perlu adanya inovasi kreatif yang dapat membantu dan memaksimalkan publikasi yang dilakukan oleh pihak kedai. Dengan memanfaatkan desain poster yang menarik pada interior ruang dan seluruh aktifitas yang dilakukan, publikasi yang dilakukan akan dapat lebih maksimal. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah dibuatnya poster branding kedai yang lebih artistik pada semua kemasan produk, layanan kedai, promo, discount, hingga untuk kepentingan interior ruang dan posting di media sosial. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai adalah membantu pihak mitra menghasilkan desain poster yang berkualitas dan layak untuk dipublikasikan di berbagai media yang ada, sehingga branding Kedai Es Koffie Cap Lyon akan tetap dikenal oleh masyarakat secara luas dan dapat bersaing dengan para kompetitornya.


Keywords


desain, poster, publikasi, branding, kedai

Full Text:

PDF

References


F. Alfiyan, “Pemanfaatan Website Sebagai Media Lelang Karya Seni di Kampung Kaempuan - Banyuwangi,” ABDIMASTEK, vol. 1, no. 2, pp. 1–7, 2020, doi: 10.32736/abdimastek.v1i2.1029.

F. Alfiyan, “Pembuatan Video Profil Desa Wisata Untuk Sarana Publikasi Di Pokdarwis Gombengsari - Banyuwangi,” ABDIMASTEK, vol. 2, no. 2, pp. 1–6, 2021, doi: 10.32736/abdimastek.v2i2.1254.

E. R. P, - Muslih, A. S. Prabowo, - Khamadi, and A. Soeleman, “Pembekalan Branding Industri dengan Pemanfatan Teknik Logo sebagai Media Promosi Produk UMKM Kelurahan Tanjung Mas Semarang,” Abdimasku J. Pengabdi. Masy., vol. 6, no. 2, p. 365, 2023, doi: 10.33633/ja.v6i2.978.

Murnawan, S. Lestari, R. Samihardjo, and R. A. . V. T. Sapanji, “Pelatihan Brand Identity Untuk UMKM: Meningkatkan Kesadaran Merek dan Daya Saing di Era Digital,” Abdimasku J. Pengabdi. Masy., vol. 6, no. 2, p. 490, 2023, doi: 10.33633/ja.v6i2.1247.

R. Yanuar et al., “Pengembangan UMKM Melalui Optimalisasi Branding dan Penggunaan Media Digital di Desa Sindangbarang, Kabupaten Cilacap,” J. Pus. Inov. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 70–84, 2022, doi: 10.29244/pim.4.1.70-84.

Rahardjo, “Perancangan Branding Desa Wisata Rajek Wetan Kelurahan Tirtoadi Kecamatan Mlati Kabupaten Sleman Yogyakarta,” J. Dharma Bakti, vol. 3, pp. 17–25, 2020.

I. K. D. Pendit, “Strategi Promosi Melalui Media Desain Poster Dalam Pencitraan Publik,” J. Stilistika, vol. 7, no. 5, pp. 192–210, 2019, doi: 10.5281/zenodo.3900626.

F. Alfiyan, “Pembuatan Katalog Digital Sebagai Media Publikasi Wisata Dan UMKM Di Pokdarwis Gombengsari Banyuwangi,” ABDIMASTEK, vol. 3, no. 2, pp. 26–33, 2022, doi: https://doi.org/10.32736/abdimastek.v3i2.1528.

F. Alfiyan and R. Indriyani, “Pemanfaatan Aplikasi E-Tabungan Untuk Pencatatan Tabungan Di Koperasi Serba Usaha Sanjaya-Banyuwangi,” ABDIMASTEK, vol. 2, no. 1, pp. 53–60, 2021, doi: 10.32736/abdimastek.v2i1.1122.

F. Alfiyan, “Pemanfaatan QR-Code Untuk Inventarisasi Peralatan Di SMKN Ihya ’ Ulumudin – Singojuruh Kabupaten Banyuwangi,” JPMM, vol. 1, no. 2, pp. 31–39, 2019, doi: 10.35671/jpmm.v1i2.869.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v7i1.1837

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Faruk Alfiyan



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :