Pelatihan 3D Model dan Pemahaman Arsitektur Nusantara Pada Tenaga Pengajar SMK St. Louis Dengan SketchuUp

Lucia Ina Trisjanti, Heristama Anugerah Putra, Prabani Setio Hastorahmanto, Josephine Roosandriantini

Abstract


Pembelajaran semakin berkembang pada sekolah SMK, karena untuk mempersiapkan siswa siswi yang siap pakai di dunia kerja. Oleh karena itu guru pada sekolah SMK St. Louis ingin mengembangkan kompetensi dalam penguasaan program sketchup dalam menghasilkan produk 3D model. Penguasaan kompetensi program sketchup ini dapat diterapkan pada saat pembelajaran siswa-siswi di jurusan DKV. Pengabdian ini dijalankan melalui sebuah pelatihan secara offline yang diikuti oleh guru-guru pengajar SMK St. Louis di Surabaya. Pembahasan menunjukkan bahwa kompetensi penguasaan para guru SMK St. Louis yaitu menghasilkan 3D model menggunakan blender. Hal itu telah menyebabkan munculnya pemikiran bahwa untuk lebih mempermudah dalam menghasilkan 3D model yaitu menggunakan sketchup. Pemahaman mengenai Arsitektur Nusantara merupakan topik yang dapat dikembangkan oleh guru SMK St. Louis, dalam pengaplikasiannya dalam produk atau karya desain. Oleh karena ide itu maka dalam pelatihan 3D model ditambahkan penjelasan mengenai arsitektur Nusantara. Pelatihan yang diikuti oleh guru SMK St. Louis menyatakan menjadi memiliki pengetahuan atau alternatif materi dalam pembelajaran pada siswa siswi SMK St. Louis, saat menghasilkan 3D model dengan sketchup dan Arsitektur Nusantara.

Keywords


kompetensi, sketchup, SMK. St. Louis, 3D model

Full Text:

PDF

References


Aprianis, Novalia, anum, a., & darmawan. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Flipbook Bagi Guru SMAN 2 Negeri Katon. Jurnal abdimas DIKMAS, 127-135.

Arifitama, B. (2020). PELATIHAN PEMBUATAN MODEL 3D ALAT PERAGA EDUKASI HIDROLOGI BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK GURU. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 186-193.

Ferawati, Saputri, F. H., & Nurmaesah, N. (2022). Peningkatan Produktivitas Guru SMK melalui Kreativitas Pembuatan Bahan Ajar E-Learning. Jurnal abdimas Sasambo, 578-586.

Irfani, H. M., & Supratno, S. (2022). PELATIHAN DESIGN BUILDING INFORMATION MODELLING (BIM) DENGAN SKETCHUP DI SMK NEGERI 6 KOTA BEKASI. An - Nizam (Jurnal Bakti Bagi Bangsa), 138-144.

Muslih, Susanto, A., Muqoddas, A., Pramudya, E. R., & Soeleman, M. A. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Peningkatan Keahlihan Modelling Character 3D untuk Siswa dan Guru di SMK ST. FRANSISKUS SEMARANG. Abdimasku, 228-238.

Pamurti, A. A., Wahjoerini, & Prakasa, R. R. (2022). PELATIHAN PEMODELAN 3 DIMENSI MENGGUNAKAN SOFTWARE SKETCHUPBAGI SISWA SMAN 11 SEMARANG. Selaparang, 1399-1402.

Polonia, B. S., Helanianto, Yusuf, & Ruchiyat, A. (2021). PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA SMK NEGERI 2 KETAPANG JURUSAN TEKNIK PEMESINAN MELALUI PELATIHAN SOFTWARE AUTOCAD. Abdimas Dewantara, 76-82.

Repi, Nurdin, A. H., & Atika, M. Y. (2023). Peningkatan Kompetensi Siswa SMK Negeri 1 Mempura Melalui Pelatihan Software Sketch-Up dan V-Ray. ABDIMAS Lectura, 122-134.

Risdayanti, N. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI MENGGUNAKAN SKETCHUP PADA METODE PELAKSANAAN PEKERJAAN ARSITEKTUR KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG BERTINGKAT RENDAH. YOGYAKARTA: UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

Roosandriantini, J., Wahyuningsih, Y., Wijaya, A. s., Setiawan, F. H., Poernama, J. A., & Kosman, a. W. (2023). PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA-SISWI SMK ST. LOUIS GAMBAR 3D ARSITEKTUR NUSANTARA DENGAN SKETCHUP. Jurnal Al-Khidmat, 25-31.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v7i1.1842

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Lucia Ina Trisyanti, Heristama Anugerah Putra, Stefanus Prabani Setio, Josephine Roosandriantini



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :