Peningkatan Gerakan Literasi Sekolah Melalui Pelatihan Pembuatan Mading di SD Muhammadiyah Sambeng

Fitta Ummaya Santi, Detik Oktariana

Abstract


Majalah Dinding (Mading) merupakan jenis media komunikasi tertulis berisi berbagai informasi dengan menggunakan sebuah papan yang ditempel di dinding. Mading di sekolah menjadi sarana mendapatkan informasi yang sangat praktis. Keberadaan mading di sekolah dapat meningkatkan  kemampuan literasi siswa yang meliputi kemampuan membaca dan menulis. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada siswa dalam membuat mading sekolah yang menarik dan informatif. Metode pelaksanaan yaitu diawali dengan sosialiasi pentingnya mading sekolah, cara pembuatan mading, penentuan tema, membuat sketsa mading, pengumpulan karya siswa dan terakhir publikasi mading. Hasil dari pelaksanaan kegiatan ini adalah siswa mampu membuat mading yang menarik dan informatif.  Mading yang telah dibuat dapat meningkatkan kemampuan literasi pada siswa yaitu meliputi kemampuan membaca dan menulis, sehingga program gerakan literasi sekolah dapat mengalami peningkatan. 


Keywords


Gerakan Literasi, Majalah Dinding, SD Muh Sambeng

Full Text:

PDF

References


S. Sufyandi and D. U. Fizah, Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016.

A. Haidar, “Program Literasi Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa,” J. Inspirasi Manaj. Pendidik., vol. 9, no. 3, pp. 639–647, 2021.

C. P. Sari, “Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Membaca Siswa Kelas IV,” J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 7, no. 32, pp. 3128–3137, 2018.

Budiharto, Triyono, and Suparman, “Literasi Sekolah Sebagai Upaya Penciptaan Masyarakat Pebelajar Yang Berdampak Pada Peningkatan Kualitas Pendidikan,” J. Ilmu-ilmu Sejarah, Sos. Budaya dan Kependidikan, vol. 5, no. 1, pp. 153–166, 2018.

S. Hidayatullah, S. Sulistyawati, and A. R. Jupri, “Pelatihan Mading Sekolah bagi Siswa SMP Muhamamdiyah 19 Sawangan dan SMA Muhammadiyah 07 Sawangan,” E-Dimas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 10, no. 2, p. 144, 2019, doi: 10.26877/e-dimas.v10i2.3300.

L. Aptekar and D. Stoecklin, Street Children and Homeless Youth. 2014.

A. Z. Baroroh, E. Yuliani, F. Arum, and E. W. Fuaida, “Pengaruh Mading Kelas terhadap Peningkatan Budaya Literasi pada Siswa di MI / SD,” Semin. Nas. PGMI 2021, no. 1, pp. 763–774, 2021.

Arnelia Dwi Yasa and Denna Delawanti Chrisyarani, “Membudayakan Keterampilan Menulis pada Mading Kelas untuk Melatih Kreativitas Siswa,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 2, pp. 242–249, 2020, doi: 10.31849/dinamisia.v4i2.3834.

H. F. mehmory, W. Sandy, M. Hasibuan, D. L. Husain, and O. S. J. Sutiyan,




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v7i1.1852

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 fitta ummaya santi



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :