Bimbingan Teknis Pelaksanaan PPL Berbasis Lesson Study bagi Guru Pamong Sekolah Mitra

Siti Halidjah, Asmayani Salimi, Hery Kresnadi, Rio Pranata, Dyoty Aulia Vilda Ghasaya, - Kartono, Agung Hartoyo, - Hairida

Abstract


Kegiatan PKM ini bertujuan untuk memberikan bimbingan teknis pada calon guru pamong sekolah mitra berkenaan dengan pelaksanaan PPL berbasis lesson study. Metode penyampaian bimbingan berupa ceramah dan praktik secara langsung dengan menampilkan pemateri yang sudah berpengalaman dan berkompeten dalam hal ini. Selama bimbingan, calon guru pamong diberikan bekal pemahaman yang mendalam tentang konsep PPL berbasis lesson study. Kegiatan PKM dilaksanakan di Kampus 2 FKIP yang beralamat di Jalan Karya Bakti Pontianak. Peserta bimbingan  berjumlah 20 orang.  Kegiatan PKM dengan fokus bimbingan teknis pelaksanaan PPL berbasis lesson study memberikan hal positif terhadap pemahaman calon guru pamong sekolah mitra berkenaan dengan konsep pelaksanaan PPL berbasis lesson study dengan harapan dapat dapat diterapkan peserta bimbingan saat membimbing mahasiswa melaksanakan PPL di sekolah masing-masing.


Keywords


Technical Guidance, PPL, Lesson Study

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. 2007. Model PPL Berbasis Lesson Study: Upaya Meningkatkan Profesionalisme Calon Guru Bahasa Arab. http://file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._PEND._BAHASA_ARAB/196106181987031-MAMAN_ABDURAHMAN/MODEL_PPL_BERBASIS_LESSON_STUDY.pdf.

Umar, S dan Syambasril. 2014, Buku Ajar Program Pengalaman Lapangan-1 Micro Teacing. FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak: Surya.

Asril, Z. 2017. Microteaching disertai Pedoman Pengalaman Lapangan Cetakan VIII. Jakarta: Raja Granfido Persada.

Hendayana, S., et all. 2006. Lesson Study: Suatu Strategi untuk Meningkatkan Keprofesionalan Pendidik. Bandung: UPI Press.

Yuliati, L. 2017. Membangun Pedagogical Content Knowledge Calon Guru Fisika melalui Praktik Pengalaman Lapangan Berbasis Lesson Study. Momentum: Physisc Education Journal, 1(1), 16—30. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/momentum/article/view/1629/1319.

Rahmawati, D. 2014. Peningkatan Kompetensi Profesional Calon Guru melalui Lesson Study. 3(1), 28—33. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view/378/330.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v7i1.1854

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 siti halidjah



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :