Penyuluhan Hukum Tentang Hak Warga Binaan di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II B Yogyakarta

Teguh Prasetyo, Christine Susanti, Rizky Karo Karo, Vincensia Esti Purnama Sari, Ryan Giovani

Abstract


Lapas Perempuan Yogyakarta masih relatif baru berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan HAM pada Nomor MHH-10.OT.01.01 Tahun 2016 tentang Pembentukan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan yang salah satunya Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Yogyakarta. Tahun 2017, masih meminjam bangunan Lapas Wiroguna dan tahun 2020, Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Yogyajarta, mendapatkan anggaran dari Pemerintah untuk pembangunan Lapas Perempuan yang terletak di Wonosari. Adapun dasar tugas pokok dan fungsi, Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Yogyakarta, selain merujuk dari UU Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan, terkait dengan fasilitas, sarana yang harus dipenuhi. Ada kekhususan dari Lapas Perempuan Yogyakarta, diantaranya yakni pemenuhan fasilitas dan sarana, maka kami tidak terlepas dari UU Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia. Hasil penyuluhan hukum yang didapatkan oleh peserta, warga binaan ialah peserta penyuluhan mendapatkan pengetahuan hukum tentang hak saat menjalani hukuman. Hak tersebut antara lain, hak mendapatkan pembinaan, hak beribadah, hak untuk mendapatkan remisi dengan syarat-syarat yang telah ditentukan oleh Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia. Penyuluhan hukum ini dilaksanakan oleh Fakultas Hukum Universitas Pelita Harapan dengan dukungan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dan merupakan hasil kerja sama dengan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II B Yogyakarta.


Keywords


Penyuluhan Hukum; Warga Binaan Pemasyarakatan; Lapas Perempuan Kelas II B Yogyakarta

Full Text:

PDF

References


R. Karo Karo, Penegakan Hukum Kejahatan Dunia Maya (Cybercrime) Melalui Hukum Pidana, Karawaci: Penerbit Fakultas Hukum Universitas Pelita Harapan, 2019.

A. Budianto and A. Mahatta, "Pembaharuan Hukum Terhadap Kebijakan Pengelolaan Lembaga Pemasyarakatan," Law Review, vol. 21, no. 3, pp. 389-407, 2022.

R. Karo Karo, V. . E. P. Sari, H. D. A. Gultom, S. Rheinata, S. Waileruny, Y. Nainggolan, S. and B. , "Penyuluhan Hukum tentang Hak-Hak Anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas 1 Tangerang oleh LKBH FH UPH," PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 8, no. 2, p. 248–254, 2023.

D. T. Ulfa, "PERLAKUAN KHUSUS TERHADAP KELOMPOK RENTAN : KEWAJIBAN DAN HAK PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP WARGA BINAAN WANITA MENYUSUI DI RUMAH TAHANAN NEGARA KELAS IIB SAMBAS," JUSTITIA : Jurnal Ilmu Hukum dan Humaniora , vol. 8, no. 8, pp. 815-821, 2021.

P. A. Andansari, "Pemenuhan Hak Memperoleh Pelayanan Kesehatan Bagi Narapidana Wanita yang Sedang Hamil (Studi di Lembaga Pemasyarakatan Wanita Klas Iia Malang)," Jurnal Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Brawijaya, vol. 4, no. 1-20, 2014.

T. D. Ticoalu, "PERLINDUNGAN HUKUM PADA NARAPIDANA WANITA HAMIL DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN," Lex Crimen, vol. II, no. 2, pp. 125-132, 2013.

F. Fukuyama, The Great Disruption: Hakikat Manusia Dan Rekonstruksi Tatanan Sosial, Yogyakarta: Penerbit Qalam, 2002.

A. Fahmi and E. Sugiarto, "PELATIHAN DAN PEMANFAATAN LITERASI INFORMASI E-WAKAF UNTUK PENGELOLAAN ADMINISTRASI WAKAF SEBAGAI DUKUNGAN LAYANAN PRIMA PEJABAT PEMBUAT AKTA IKRAR WAKAF," ABDIMASKU, vol. 1, no. 2, pp. 55-62J, 2018 .

C. Harsono, Sistem Baru Pembinaan Narapidana, Jakarta: Djambatan, 1995.

Saharjo, Pohon Beringin Pengayoman: Pidato Pada Penganugrahan Gelar Doctor Honoris Causa Dalam Ilmu Hukum Oleh Universitas Indonesia, Universitas Indonesia, 1963.

Kristyanto, "PEMBINAAN PERILAKU NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS IIA PEKALONGAN," JURUSAN HUKUM DAN KEWARGANEGARAAN, pp. i-119, 201.

K. Umam, G. H. Wibowo and I. W. Suardinata, "Penerapan Aplikasi JDIH di Desa Tambong Sebagai Media Publikasi Peraturan Desa ke Masyarakat," Abdimasku, vol. 6, no. 2, pp. 402-409, 2023.

S. Wulandari, "FUNGSI SISTEM PEMASYARAKATAN DALAM MEREHABILITASI DAN MEREINTEGRASI SOSIAL WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN," Serat Acitya – Jurnal Ilmiah, vol. 4, no. 2, pp. 87-94, 2015.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v7i1.1874

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rizky Karo Karo



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :