Inovasi Kemasan Produk Kerupuk Kulit Kopi di Desa Galengdowo, Kabupaten Jombang

Irham Alva Royyan, Caecilia Pujiastuti

Abstract


Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan sektor ekonomi yang sangat penting bagi negara, karena berperan sebagai tulang punggung perekonomian yang menyangkut kehidupan banyak orang. Salah satu tantangan yang dihadapi UMKM adalah kurangnya sumber daya dan pengetahuan untuk mengembangkan desain kemasan yang menarik dan fungsional. Kemasan memiliki peran penting dalam menentukan harga jual serta citra dari produk. Harga jual meningkat saat kemasannya menarik, dan citra produk menjadi lebih baik di mata konsumen jika dikemas dengan baik. Metode pengabdian kepada masyarakat ini meliputi survei, wawancara, dan analisis data untuk mengumpulkan informasi tentang praktik produksi kerupuk kulit kopi di Desa Galengdowo serta persepsi konsumen terhadap kemasan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi kemasan yang fokus pada aspek estetika, keamanan pangan, dan fungsionalitas dapat menjadi strategi efektif untuk meningkatkan daya saing produk. Studi ini dapat menjadi acuan bagi pelaku industri kecil dan menengah di sektor serupa untuk mengoptimalkan inovasi kemasan produk guna meningkatkan daya saing dan nilai tambah produk lokal.

 


Keywords


Inovasi, Kemasan, UMKM

Full Text:

PDF

References


Khuzaima dkk., 2023, Peran dan Kedudukan UMKM Dalam Perdagangan Internasional, CEMERLANG : Jurnal Manajemen dan Ekonomi Bisnis, vol. 3, no. 1, hal. 108-120.

Ilham D.M, D. Kurniansyah, K. Febriantin, & Karawang S., 2023, Tantangan UMKM Indonesia Dalam Menghadapi Pasar Bebas Asean, Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP), vol. 7, no. 2, hal. 2598–9944.

Marlinah, 2020, Peluang dan Tantangan UMKM Dalam Upaya Memperkuat Perekonomian Nasional, Jurnal Ekonomi, vol. 22, no. 2, hal. 118-124.

Kecamatan, S. dkk., 2023, Pentingnya Kesadaran Hukum Masyarakat untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Era Digital pada Kelurahan Sembulang Kecamatan Rempang Pulau Galang Kota Batam, vol. 4, no. 1, hal. 19–25.

Putra R.P & Iriananda S.W., 2020, Inovasi Kemasan dan Pemasaran Digital Produk UMKM Tisya Herbal di Desa, Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat Prefix-PkM.

Hayati Z. D., Dermawan, D., Astrie A., S. Nova M. F., Ananda Y., & Muhammadiyah U., 2017, Pelatihan Desain Kemasan Produk UMKM di Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar Jurnal Pengabdian Untuk Mu negeRI, vol. 1, no. 2, hal. 12-15.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v7i1.1910

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Irham Alva Royyan



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :