Pemanfaatan Slogan Persuasif untuk Meningkatkan Kesadaran Masyarakat dalam Pemeriksaan Kesehatan Gratis Rakerda Muhammadiyah Kabupaten Tangerang

Ahmad Sulton Ghozali, Yogi Priyo Istiyono

Abstract


Artikel ini menguraikan pemanfaatan bahasa persuasif dalam slogan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) Pemeriksaan Kesehatan Gratis. Kegiatan tersebut berlangsung dalam acara Rakerda Muhammadiyah Kabupaten Tangerang pada tanggal 20 Agustus 2023 di Universitas Muhammadiyah A.R. Fachruddin. Slogan ini tidak hanya disusun untuk menarik perhatian pembacanya, tetapi juga mengajak peserta Rakerda agar turut mengikuti PKM tersebut. Slogan disusun dengan mengidentifikasi sasaran dan tujuan PKM terlebih dahulu dan menerapkan tiga aspek komunikasi persuasif. Slogan yang dihasilkan berbunyi “Tubuh yang sehat tanda pemimpin yang hebat”. Selain memanfaatkan rima yang menarik dalam sekali baca, slogan tersebut memanfaatkan pemaknaan konseptual untuk menunjukkan daya tawar PKM dan pemaknaan asosiatif untuk merepresentasikan sasaran dan tujuan PKM. Representasi tersebut ditunjukkan melalui pemilihan diksi dan peletakan slogan dalam baris-baris berbeda. Frasa “pemimpin yang hebat” merepresentasikan peserta Rakerda. Frasa “tubuh yang sehat” merepresentasikan tujuan kegiatan PKM dalam meningkatkan kesadaran peserta Rakerda akan kondisi kesehatan.

Keywords


Slogan; Persuasif; Representasi; Rakerda Muhammadiyah; Kabupaten Tangerang

Full Text:

PDF

References


Kosasih. (2017). Buku Teks Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII Edisi Revisi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Keraf, G. (2007). Argumentasi dan Narasi Komposisi Lanjutan III. Gramedia Pustaka Utama.

Basuki, S. (2006). Metode Penelitian. Wedatama Widya Sastra.

Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Chomsky, N. (1965). Aspect of the Theory of Syntax. The MIT Press.

Mulholland, J. (1994). Handbook of Persuasive Tactics: A Practical Language Guide. Routledge.

Chaer, A. (2012). Linguistik Umum. Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v7i1.1928

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ahmad Sulton Ghozali, Yogi Priyo Istiyono



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :