Peningkatan Kompetensi Guru : Membuat Soal HOTS dan Pengecoh Tipe Multiple Choice

Dina Pratiwi Dwi Santi, Ena Suhena Praja, setiyani setiyani

Abstract


Penyusunan soal berpikir tingkat tinggi (HOTS) masih belum dipahami dan dikuasai dengan baik oleh guru di SDN Sadagori 1 Kota Cirebon. Padahal kemampuan ini sangat penting untuk dimiliki setiap pendidik dalam rangka mempersiapkan siswa untuk menghadapi kompetisi pada abad 21. Soal HOTS tidak serta merta dapat dikuasai oleh siswa tanpa adanya stimulus yang diberikan. Oleh karena itu tujuan pelatihan ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang ciri-ciri soal HOTS dari C4 – C6, strategi membuat pengecoh yang efektif/berfungsi, mengubah soal LOTS menjadi HOTS serta memberikan pengalaman langsung dalam membuat soal HOTS dan pengecohnya. Metode pelaksanaan PKM terdiri dari tiga tahap, yakni pendahuluan, solusi mitra, dan evaluasi. Pengabdian ini melibatkan 19 guru, 3 observer dan 2 pemateri. Pada saat pelatihan berlangsung, semua guru aktif dalam bertanya saat pemaparan materi maupun diskusi kelompok dalam membuat soal HOTS dan pengecohnya. Berdasarkan hasil observasi setiap opictor pencapaian berhasil dikuasai oleh guru. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini disambut baik oleh seluruh guru dan kepala sekolah. Harapannya kegiatan ini dapat berkesinambungan dengan mengambil opic-topik atau isu yang sedang hangat dibidang Pendidikan.


Keywords


Pengecoh, Kompetensi Guru, HOTS, Pilihan Ganda

Full Text:

PDF

References


Maksum, A., & Suntari, Y. (2019). Pelatihan Penyusunan Soal Ips Berbasis Hots. Jurnal Pemberdayaan Sekolah Dasar (JPSD), 2(1), 10–13.

Ichsan, I. Z., Sigit, D. V., Miarsyah, M., Ali, A., Arif, W. P., & Prayitno, T. A. (2019). HOTS-AEP: Higher Order Thinking Skills from Elementary to Master Students in Environmental Learning. European Journal of Educational Research, 8(4), 935–942.

Suryapuspitarini, B. K., Wardono, W., & Kartono, K. (2018). Analisis soal-soal matematika tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada kurikulum 2013 untuk mendukung kemampuan literasi siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 876–884.

Atmojo, I., Sunarno, W., & Ashadi, M. (2017). Profile of elementary school pre-service teacher based on high order thinking skills (HOTS) on natural science subject. International Conference on Teacher Training and Education 2017 (ICTTE 2017).

Nugroho, R. A. (2018). HOTS (Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi: Konsep, Pembelajaran, Penilaian, dan Soal-soal). Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia tahun 2018 turun dibanding tahun 2015.

Tarmizi, P., Setiono, P., Amaliyah, Y., & Agrian, A. (2021). Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Tema Sehat Itu Penting Kelas V SD Negeri 04 Kota Bengkulu. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 124–132.

Santi, D. P. D., Sulaiman, H., & Kurnia, M. D. (2020). KEMAMPUAN GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PEMANFAATAN MEDIA BUKU POP UP DI SLB TUNAGRAHITA KABUPATEN CIREBON. Prosiding, 9(1).

Santi, D. P. D., Setiyani, S., & Asnawati, S. (2020). PEMBERDAYAAN ORANG TUA SISWA TK ANNUR KABUPATEN CIREBON MELALUI KETERAMPILAN RAJUT TANGAN DAN ACCESS MARKET. Al-Khidmat, 3(2), 42-50.

Iskandar, D., & Senam, S. (2015). Studi kemampuan guru kimia sma lulusan UNY dalam mengembangkan soal UAS berbasis HOTS. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(1), 65–72.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v4i2.212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dina Pratiwi Dwi Santi, Ena Suhena Praja, setiyani setiyani



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :