Peningkatan Wawasan Keagamaan Santri Madin Al-Huda Desa Bangunreja Melalui Kajian Kitab Aqidatul Awam
Abstract
Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh minimnya para santri madin menguasai keterampilan dalam membaca kitab bernadzhom, dikarenakan dewan asatidz hanya mengembangkan potensi dalam mempelajari ayat-ayat al Qur’an. Sedangkan kitab-kitab dasar seharusnya juga dipelajari untuk menambah wawasan bagi santri ketika akan masuk ke pondok pesantren atau sekolah di bawah yayasan keagamaan. Oleh karena itu, pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang kitab Aqidatul Awam di Desa Bangunreja. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah ceramah yang mengutamakan pemanfaatan aset dan potensi yang dimiliki masyarakat untuk kemudian digunakan sebagai bahan memperdayakan. Adapun hasil dari pengabdian ini diantaranya: 1). Kegiatan mempelajari cara pelafalan nadzhom Aqidatul Awam sebagai sarana belajar ilmu tauhid memudahkan bagi santri yang ingin mempelajari isi kitab Aqidatul Awam. 2). Kegiatan pengabdian ini ditindaklanjuti dengan kegiatan lanjutan dan berkelanjutan, dengan cara ini santri bisa memahami dan lebih melekat pada ingatan apa yang sudah dipelajari.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
S. Hanipudin, “Pendidikan Islam di Indonesia dari Masa ke Masa,” Matan : Journal of Islam and Muslim Society, vol. 1, no. 1, 2019, doi: 10.20884/1.matan.2019.1.1.2037.
D. A. Dewi, S. I. Hamid, F. Annisa, M. Oktafianti, and P. R. Genika, “Menumbuhkan Karakter Siswa melalui Pemanfaatan Literasi Digital,” Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 6, 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i6.1609.
S. H. S. L. Sabil Mokodenseho, Pendidikan Islam Di Pondok Pesantren, 1st ed., vol. 1. Jogjakarta: Sulur Pustaka, 2024.
S. Hanipudin and A. Muanasah, “Penanaman Karakter Bagi Anak Usia Dini Melalui Cerita Wayang,” ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, vol. 7, no. 1, 2024, doi: 10.62411/ja.v7i1.1738.
A. Mayasari and O. Arifudin, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NILAI MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA,” Antologi Kajian Multididiplin Ilmu[Al-Kamil], vol. 1, no. 1, 2023.
S. N. Oktaviani and S. Syawaluddin, “Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Menguatkan Karakter Siswa,” Educativo: Jurnal Pendidikan, vol. 2, no. 1, 2023, doi: 10.56248/educativo.v2i1.120.
Sarno Hanipudin, Taqiyudin Subki, and Tri Mulat, “Menguatkan Akidah dan Kualitas Hidup melalui Pembinaan Pemahaman Agama Islam dalam Kegiatan Muharoman di Masjid Al-Hidayah Kujangsari,” Welfare: Jurnal Pengabdian Masyarakat , vol. 1, no. 4, pp. 61–65, Dec. 2023.
Elihami and Ekawati, “Persepsi Revolusi Mental Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini.,” Edukasi Nonformal , vol. 1, no. 2, pp. 1–16, 2020.
N. Alkhasanah, Darsinah, and Ernawati, “PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA SD,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, vol. 10, no. 2, 2023, doi: 10.38048/jipcb.v10i2.1271.
Malikhatun Putri Ayu Unah, “Observasi,” Cilacap, 2023.
S. Hanipudin et al., “Penyuluhan Proteksi Anak dari Bahaya Gadjet bagi Ibu-ibu Desa Segaralangu Kabupaten Cilacap,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Tulungagung, vol. 3, no. 2, 2023.
I. I. F. Syukri, S. S. Rizal, and M. D. Al Hamdani, “Pengaruh Kegiatan Keagamaan terhadap Kualitas Pendidikan,” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, vol. 7, no. 1, 2019, doi: 10.36667/jppi.v7i1.358.
DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v7i3.2444
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Sarno Hanipudin
Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696, e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Statcounter
ABDIMASKU terindeks di :