Implementasi Content Placement pada Pemasaran Digital pada Program Kepemudaan PKKP Disporapar Jawa Tengah

novita kurnia ningrum, Ajib Susanto Susanto, Yupie Kusumawati Kusumawati, Karis Widyatmoko Widyatmoko, Ibnu Utomo WM

Abstract


Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Program Kepedulian dan Kepeloporan Pemuda (PKKP) dari Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Tengah atau Dispora Jateng memberikan perhatian untuk mendukung pemuda di wilayah Provinsi Jawa Tengah berkembang dan mampu mengembangkan potensi yang ada di daerah masing masing. Pada bulan Mei 2024 Dispora Jateng bekerjasama dengan Udinus menyelenggarakan kegiatan workshop dan seminar dengan topik materi digital content. Salah satu aspek yang dimiliki pemuda dalam berpartisipasi di PKKP adalah memiliki ide atau konsep berupa produk yang dapat menunjang kemajuan daerahnya masing-masing. Produk dapat berupa produk barang ataupun jasa, begitupun dapat berupa hardware ataupun software. Adapula produk yang mereka baa berupa produk budaya local yang memiliki potensi wisata sehingga mampu mengundang masyarakat dari daerah lain untuk mengenal dan berkunjung ke daerah tersebut. Adapun ide dan konsep yang sudah ada baik yang udah berjalan maupun akan dijalankan menghadapi kendala berkaitan dengn penggunaan teknologi untuk meningkatkan efektifitas pengenalan dan pemasaran dalam lingkup yang luas. Salah satu hal yang belum dimiliki oleh para peserta PKKP adalah bagaimana memproduksi konten yang dapat memeberikan impact terhadap peningkatan pemasaran produk yang mereka miliki. Oleh karena pentingnya pemahaman dan ketrampilan menggunakan teknologi untuk digital marketing, maka pada  kegiatan seminar dan workshop yang diselenggarakan pada bulan Mei ini, salah satu ketrampilan yang dibagikan adalah content placement yaitu bagaimana menjadikan digital content yang diposting di media sosial dapat diakses oleh masyarakat luas. Dalam hal ini masyarakat yang dimaksudkan adalah bagaimana mengarahkan masyarakat sesuai dengan target market sehingga efektif dalam menggunakan sumberdaya untuk pemasaran produk. Efektifitas penggunaaan teknologi untuk digital marketing memberikan keuntungan dalam pengembangan produk yaitu kemampuan menjangkau pasar yang luas dengan waktu yang dibutuhkan relatif lebih efisien sehingga biaya pemasaran menjadi lebih murah dibandingkan dengan conventional marketing.

 


Keywords


digital content, content placement, digital marketing, dispora jateng, pemuda

Full Text:

PDF

References


Kurnia Ningrum, N., Umami, Z., Nurtantio Andono, P., & Dian Nuswantoro, U. (n.d.). Pengelolaan Konten Digital Menggunakan Canva pada Industri Kecil Menengah Batik Semarangan 20 JUDIMAS (Jurnal Inovasi Pengabdian Kepada Masyarakat) Pengelolaan Konten Digital Menggunakan Canva pada Industri Kecil Menengah Batik Semarangan Digital Content. 20–28. http://www.sisfotenika.stmikpontianak.ac.id/index.php/judimas/article/download/1292/804

Kusumawati, Y., Hanin, A. R., Ningrum, N. K., Utomo, I., Mulyono, W., Susanto, A., & Widyatmoko, K. (n.d.). IT SERVICE MANAGEMENT FOR BUSINESS PROCESS OF STAFF. 1–8. http://www.jtiulm.ti.ft.ulm.ac.id/index.php/jtiulm/article/download/187/118

Mulyono, I. U. W., Susanto, A., Kusumawati, Y., Ningrum, N. K., Umami, Z., Widyatmoko, K., & Sudaryanto, S. (2024). Pengembangan Website Desa Ratamba Kecamatan Pejawaran Kabupaten Banjarnegara Untuk Meningkatkan Pemasaran Dan Penjualan Produk Pertanian. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(2), 707. https://doi.org/10.62411/ja.v7i2.2076

Mulyono, I. U. W., Susanto, A., Widyatmoko, K., & Kurnia Ningrum, N. (2023). Digitalisasi Pelayanan Publik dan Digital Marketing ProdukUMKM Desa Karangpakel, Kec. Trucuk, Kab. Klaten. JNPMIK (Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat Ilmu Komputer), 2(1), 25-33`. https://doi.org/10.12487/JNPMIK.v1i1.xxxxx

Wearesocialorganization. (2023). No Title. Digital Marketing Overview. https://wearesocial-com.translate.goog/id/blog/2024/01/digital-




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v7i3.2472

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 novita kurnia ningrum, Ajib Susanto Susanto, Yupie Kusumawati Kusumawati, Karis Widyatmoko Widyatmoko, Ibnu Utomo WM



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statcounter

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :