Edukasi Keamanan Pangan dan Digital Branding Produk UMKM Masyarakat Desa Langung Kabupaten Aceh Barat

sanusi sanusi, Fachruddin Fachruddin, Isfanda Isfanda

Abstract


Edukasi keamanan pangan adalah proses penyampaian informasi dan pengetahuan kepada masyarakat tentang praktik-praktik yang harus dipahami untuk memastikan bahwa makanan yang diproduksi aman untuk dimakan. Permasalahan dilapangan Masyarakat belum memahami konsep keamanan pangan, khususnya mengenai sistem HACCP (Hazard Analysis and Critical Control Points) dan masih minim pengetahuan cara branding produk UMKM. Tujuan kegiatan pengabdian ini yaitu masyarakat pelaku UMKM di desa langung diedukasi secara komprehensif dengan cara memberikan pemahaman untuk mengasilkan produk yang aman, sehat melalui sistem HACCP dan mendampingi cara digital branding produk melalui media sosial seperti TikTok dan Instagram. Metode yang digunakan mulai dari persiapan, penyuluhan, pelatihan dan evaluasi. Responden dalam kegiatan ini yaitu pelaku UMKM berjumlah 40 orang. Hasil evaluasi kuesioner dimana tingkat kepuasan responen setelah mengikuti penyuluhan kategori sangat puas 35 orang (87,5%) dan puas 5 orang (12,5%). Pada kegiatan digital branding kategori sangat puas sebanyak 32 orang (80,0%) dan puas sebanyak 6 orang (15,0%) dan cukup puas sebanyak 2 orang (0,5%). Setelah mengikuti kegiatan ini masyatakat mendapat pengetahuan baru terkait sistem HACCP dan praktik digital branding produk, masyarakat sudah mengetahui cara promosi produk melalui TikTok dan Instagram. Selanjutnya masyatakat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pengabdian ini, dan kegiatan berlangung dengan baik, tertib dan aman.

Keywords


Keamanan Pangan; HACCP; Digital Branding; UMKM

Full Text:

PDF

References


W. Khazanah, “Edukasi keamanan pangan didapur rumah tangga,” AcTion Aceh Nutr. J., vol. 5, no. 1, p. 1, 2020, doi: 10.30867/action.v5i1.109.

E. S. Donkor, B. B. Kayang, J. Quaye, and M. L. Akyeh, “Application of the WHO keys of safer food to improve food handling practices of food vendors in a poor resource community in Ghana,” Int. J. Environ. Res. Public Health, vol. 6, no. 11, pp. 2833–2842, 2009, doi: 10.3390/ijerph6112833.

M. C. Raintung, “Pemasaran Online Produk Unggulan Kota Manado Melalui Media Sosial Online (Studi Pada Mahasiswa Feb Unsrat),” J. EMBA J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 7, no. 4, pp. 5276–5285, 2019.

M. Veranita, L. Almamalik, and S. Ikhsan, “Pemanfaatan Pemasaran Melalui Media Sosial oleh UMKM Di Era Pandemi,” Coopetition J. Ilm. Manaj., vol. 13, no. 1, pp. 89–96, 2022, doi: 10.32670/coopetition.v13i1.590.

N. N. Devi Yuliantini, “Kinerja Usaha Berkelanjutan UMKM Kerajinan Bambu di Kabupaten Bangli,” Jimat, vol. 14, pp. 1–17, 2023.

D. Supriatna, E. Candra, I. Adinugroho, M. A. Nasution, and N. Yanti, “Pengaruh Kinerja UMKM Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Sukabumi,” Sanskara Ekon. dan Kewirausahaan, vol. 1, no. 02, pp. 43–53, 2023, doi: 10.58812/sek.v1i02.88.

D. Kurniawan, A. Riyanto, T. A. Budiana, D. K. Nugrahaeni, and N. E. Mauliku, “Efektivitas Edukasi Keamanan Pangan Untuk Meningkatkan Praktik Pada UMKM Tahu di Wilayah Puskesmas Cibuntu Kota Bandung,” J. Ilmu Kesehat. Bhakti Husada Heal. Sci. J., vol. 15, no. 01, pp. 94–101, 2024, doi: 10.34305/jikbh.v15i01.1024.

D. G. Ramadhan, M. Basri, and E. Y. Citra, “Strategi Penerapan Sistem Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) Dan Sistem Jaminan Halal Pada IKM Pia Q,” J. Agro-industry Eng. Res., vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2022, doi: 10.61844/jaier.v1i1.126.

P. Kotler, “Marketing management - 13th Edition, Peason, London, 816 pages,” Pearson Prentice Hall, 2009, Accessed: Jul. 22, 2024. [Online]. Available: https://books.google.com/books/about/Marketing_Management.html?hl=id&id=h6ocnwEACAAJ

N. A. Fauziah, J. Ala’aldin, M. Reihan, F. M. Hariyono, R. A. Hidayatullah, and K. E. Wahyudi, “Upaya Peningkatan Pendapatan Umkm Kue Kering Melalui Branding Kemasan Dan Pemanfaatan Digital Marketing,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 2, pp. 60–64, 2023, [Online]. Available: https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/karya_jpm/index

Hilman Muti Sophira and Ikatrinasari Zulfa Fitri, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Efektifitas Penerapan SistemHaccp,” J. Stand., vol. 16, no. 3, pp. 223–234, 2014.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v7i3.2502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 sanusi sanusi, Fachruddin Fachruddin, Isfanda Isfanda



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statcounter

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :