Pelatihan Seni Kaligrafi Bagi Siswa Kelas VI SDN 02 Koto Tinggi Kabupaten Lima Puluh Kota Sumatera Barat

M. Sidqul Wafa, Akhmad Dalil Rohman

Abstract


Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memperkenalkan dan melatih seni kaligrafi bagi peserta didik kelas VI SD Negeri 02 Koto Tinggi, Kabupaten Lima Puluh Kota. Kegiatan ini dilakukan karena seni kaligrafi belum menjadi bagian dari pembelajaran formal di sekolah, sehingga diperlukan pelatihan yang dapat menumbuhkan minat siswa terhadap seni Islam dan memperkaya keterampilan menulis huruf Arab. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah ceramah, demonstrasi, dan latihan (drill). Siswa diperkenalkan dengan jenis khat dan teknik penulisan kaligrafi, khususnya khat tsulust, yang disampaikan melalui metode ceramah dan praktik langsung. Pelaksanaan pelatihan menunjukkan bahwa siswa antusias dan mampu mengikuti tahapan yang diberikan meskipun waktu pelaksanaan terbatas. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah pelatihan seni kaligrafi dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap seni kaligrafi serta membantu mereka dalam mengembangkan keterampilan dasar menulis khat

Keywords


Pelatihan, Seni Kaligrafi, SDN 02 Koto Tinggi

Full Text:

PDF

References


Ariesta, O., & Maulana, I. (2018). Metode Pengajaran Seni Kaligrafi Islam di Pesantren Thawalib Gunuang. BATOBAH (Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat), 5(2), 113–123.

Faturrahman, I., & Arini, F. M. (2018). Pengenalan pola huruf hijaiyah khat kufi dengan metode deteksi tepi sobel berbasis jaringan syaraf tiruan backpropagation. Jurnal Teknik Informatika, 11(1), 37–46.

Isnaini, L., Rohayah, A. A., & Asiah, S. (2022). Pelatihan Seni Kaligrafi di MI Al Hikmah Tambun Selatan. Jurnal of Community Development in Islamic Studies, 1(2), 109.

Khazanah, U., & Mughniatul, I. (2021). Pelatihan Seni Kaligrafi Islam dalam Meningkatkan Kreativitas Santri MDTA Ar-Rahman di Desa Ngrogung Ngebel Ponorogo. Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 117–126.

Nur Diyah Yulia, M. N. (2017). Hubungan Antara Pelatihan Kaligrafi dengan Kreatvitas Santri di Pondok Pesantren Manbaul Ulum Kabupaten Bondowoso. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 2.

Sirojuddin, A. (2014). Peta Perkembangan Kaligrafi Islam di Indonesia. Buletin Al-Turas, 20(1), 219–232.

Sugianto, A., Riyanto, R., Riyanto, R., Tajab, M., & Tajab, M. (2022). Pelatihan Menulis Seni Kaligrafi Bagi Guru Taman Pendidikan Al Qur’an. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5), 3–10. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10020

Waqfin, M. S. I., Umam, I. M. U., Hildiana, L. V., & Kholid, A. (2021). Pelatihan Dibidang Seni Kaligrafi Untuk Meningkatkan Kreatifitas Peserta Didik Dan Tenaga Pendidik Di Mi Al-Ihsan Bandarkedungmulyo. Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–4.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v8i1.2601

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 M. Sidqul Wafa



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statcounter

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :