Pelatihan Dasar Design bagi UMKM melalui Canva untuk Meningkatkan Kreatifitas Pemasaran Digital

Galih Nugraha, Mia Sumiarsih, Hilda Maulida, Sri Maulida Apriani, M. Rifki Agus Saputra

Abstract


Abstrak

Pengabdian kepada masyarakat melalui peran pemasaran digital dalam meningkatkan ekonomi UMKM di Desa Kiarajangkung, Kabupaten Tasikmalaya. Pelaku UMKM memanfaatkan aplikasi Canva untuk meningkatkan strategi pemasaran digital dengan meningkatkan tampilan design interface yang akan berdampak pada penjualan. Pengabdian masyarakat ini melibatkan UMKM dibawah binaan Desa Kiarajangkung dengan menyelenggarakan pelatihan dasar desain melalui aplikasi Canva untuk membuat konten pemasaran yang kreatif. Pengabdian ini menyoroti pentingnya mengintegrasikan teknologi modern ke dalam bisnis tradisional untuk mengatasi tantangan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan komunitas melalui peningkatan kreativitas pemasaran digital. Hasil dari kegiatan PKM menunjukkan bahwa peserta dapat membuat design melalui aplikasi Canva untuk konten pemasaran digital bagi produk atau jasa yang dipasarkan oleh UMKM di media digital.

 

Keyword: Pemasaran Digital, UMKM, Canva

 

 

Abstract

The contribution of digital marketing to the enhancement of the UMKM economy in Tasikmalaya District's Kiarajangkung Village demonstrates committed to the community. By enhancing the way that design interfaces that may affect sales are shown, UMKM operators can improve their digital marketing campaigns with the Canva application. As part of its community service project, UMKM is constructing Kiarajangkung Village and has arranged for basic design instruction using the Canva software to produce original marketing content. This commitment emphasizes how crucial it is to use new and old technologies to solve economic issues and improve community well-being via more inventive digital marketing. Based on the outcomes of PKM activities, participants can use Canva tools to design digital marketing content for goods or services that UMKM is promoting on digital media.

 

Keywords: Canva, UMKM, Digital Marketing


Keywords


Canva, UMKM, Digital Marketing

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Yuliati, T., 2020, Pelatihan Komputer Grafis Sebagai Upaya Peningkatan Softskill Bidang Desain Dan Editing Pada Stt Dumai, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol 26(2), hal 77.

Andika, A., Jennifer, J., Huang, J., & Sebastian, J., 2021, Analysis of digital marketing adoption in indonesian micro, small, and medium enterprises, Jurnal Manajemen Bisnis, vol 18(3), hal 308-328.

Redjeki, F. and Affandi, A., 2021, Utilization of digital marketing for msme players as value creation for customers during the covid-19 pandemic, International Journal of Science and Society, vol 3(1), hal 40-55.

Mavilinda, H., Nofiawaty, N., Nazaruddin, A., & Siregar, L., 2022, Training on making digital brochures as an online promotion strategy for msme products, Abdimas Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, vol 7(4), hal 873-884.

Widayanti, L., Kala’lembang, A., Adhariyanty Rahayu, W., Yulia Riska, S., & Arya Sapoetra, Y., 2021, Edukasi Pembuatan Desain Grafis Menarik Menggunakan Aplikasi Canva, Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol 2(2), hal 91–102.

Putri, D. A., Solecha, K., Nurwahyuni, S., & Suparni, S., 2021, Workshop Penerapan Teknologi Informasi Aplikasi Canva Dalam Meningkatkan Kualitas Sdm Remaja Karang Taruna, Jurnal Warta Desa (JWD), vol 3(3), hal 194–199.

Sholeh, M., Rachmawati, R., & Susanti, E., 2020, Penggunaan aplikasi canva untuk membuat konten gambar pada media sosial sebagai upaya mempromosikan hasil produk ukm, Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, vol 4(1), hal 430.

Sunarto, S. and Setiadi, P., 2023, Utilizing canva application training to improve skills and product sales in micro small medium enterprises (msmes) east java, Ilomata International Journal of Management, vol 4(1), hal 37-46.

Hinchcliff, M. and Mehmet, M., 2023, Embedding canva into the marketing classroom: a dialogic and social learning approach to classroom innovation. Higher Education Skills and Work-Based Learning, 13(6), 1174-1186.

Rawnaque, F., Rahman, K., Anwar, S., Vaidyanathan, R., Chau, T., Sarker, F., & Mamun, K. (2020). Technological advancements and opportunities in neuromarketing: a systematic review. Brain Informatics, vol 7(1).

Tiawan, Musawarman, Sakinah, L., Rahmawati, N., & Salman, H., 2020, Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Tingkat Smk Di Smkn 1 Gunung Putri Bogor. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol 1(4), hal 476–480.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v8i1.2610

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Galih Nugraha



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statcounter

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :