Meningkatkan Daya Saing Produk Lokal Melalui Branding dan Digital Marketing di Desa Kiarajangkung Kecamatan Sukahening Kabupaten Tasikmalaya

Ilman Ansori, Danial Kusumah, Mufqi Mardika Mubarok, Idan Saepul Rohman, Tisya Nursafa Riyandiyani

Abstract


Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing produk lokal di Desa Kiarajangkung, Kecamatan Sukahening, Kabupaten Tasikmalaya melalui Strategi Branding dan Digital Marketing. Desa Kiarajangkung juga memiliki berbagai produk lokal yang memiliki potensi ekonomi tinggi namun kurang dikenal oleh pasar yang lebih luas. Dengan memanfaatkan teknologi digital, kami berupaya untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk-produk lokal tersebut secara lebh efektif.

Kegiatan pengabdian ini melibatkan beberapa tahapan utama, antara lain: analsis potensi produk, pelatihan branding bagi para pelaku usaha lokal, serta penerapan strategi pemasaran digital. Pelatihan branding mencakup pembuatan logo, kemasan, dan cerita produk yang menarik. Sementara itu, strategi pemasaran digital meliputi pengelolaan media sosial, dan kampanye pemasaran online.

Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah peningkatan pengetahuan dan keterampilan pelaku usaha lokal dalam bidang branding dan pemasaran digital, peningkatan daya tarik produk lokal di pasar, serta peningkatan penjualan produk. Dengan demikian, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Kiarajangkung.


Keywords


Daya Saing; Branding; Pemasaran Digital

Full Text:

PDF

References


T. Rohmawati, E. Selvia, E. Monica, R. Welizaro, and H. Saputra, “Teknologi pemasaran digital untuk branding,” JISAMAR (Journal Inf. Syst. Applied, Manag. Account. Res., vol. 5, no. 3, pp. 638–643, 2021.

R. Anugrah et al., “Penerapan Branding Produk Dan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Umkm,” Community Dev. J. J. Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 2, pp. 740–746, 2022.

F. Tjiptono, “Service Management: Mewujudkan Layanan Prima Edisi 2,” Yogyakarta Andi, 2012.

V. Kumar, R. P. Leone, D. A. Aaker, and G. S. Day, Marketing research. John Wiley & Sons, 2018.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v8i1.2614

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Ilman Ansori, Danial Kusumah, Mufqi Mardika Mubarok, Idan Saepul Rohman, Tisya Nursafa Riyandiyani



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statcounter

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :