Peningkatan Komunikasi Publik pada Kepercayaan Diri Siswa SMP Negeri 10 Semarang

Puri Kusuma Dwi Putri, Muhamad Hasan Basori, Muhammad Noor Hidayat

Abstract


Komunikasi publik merupakan tekhnik berkomunikasi di depan umum yang dapat dilatih kepada siswa-siswi SMP Negeri 10 Semarang. Melalui komunikasi publik yang lancar dapat mengurangi ketakutan dan kecemasan public speaking di depan khalayak, karena emosi tersebut adalah kendala yang sering dihadapi. Tantangan berkomunikasi publik saat ini di kalangan siswa siswa SMP adalah penggunaan gawai. Tingginya penggunaan gawai mengakibatkan siswa siswa berkurang dalam melakukan komunikasi tatap muka (langsung). Komunikasi tatap layar dapat menghambat komunikasi tatap muka secara langsung, karena berhadapan dengan banyak orang. Berbeda dengan komunikasi tatap layar yang hanya menggunakan gawai tanpa penguasan teknik komunikasi. Siswa-siswi yang mampu melakukan public speaking saat di kelas dapat meningkatkan kepercayaan diri, dan dapat meningkatkan kompetensi seseorang di dunia profesional bisa dipupuk sejak masa sekolah.Selain itu, hambatan yang dialami oleh siswa-siswi adalah merasa takut dan tidak percaya diri untuk melakukan komunikasi publik. Kemampuan komunikasi publik dapat ditingkatkan dengan melakukan pelatihan dan intensitas berbicara di depan khalayak. Memberikan pemahaman dan strategi yang tepat dalam sebuah presentasi adalah tujuan utama tim pengabdi. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman siswa-siswi terhadap tekhnik-tekhnik komunikasi publik dan dapat mempraktikkan penyampaian komunikasi publik yang efektif.


Keywords


audience, confident, effective, fear, public speaking

Full Text:

PDF

References


S. U. Siregar, A. Harahap, S. Milfayetti, and I. Hajar, “Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Self-Efficacy Matematis Siswa melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik,” Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, vol. 4, no. 2, p. 151, Jun. 2020, doi: 10.36312/e-saintika.v4i2.207.

X. Zhang, Y. Ardasheva, and B. W. Austin, “Self-efficacy and english public speaking performance: A mixed method approach,” English for Specific Purposes, vol. 59, pp. 1–16, Jul. 2020, doi: 10.1016/j.esp.2020.02.001.

M. M. Domitila, F. Wulandari, and D. A. Marhayani, “Analisis Penggunaan Gawai Terhadap Interaksi Sosial Anak Sekolah Dasar Negeri Kota Singkawang,” Jurnal Ilmiah Potensia, vol. 6, no. 2, pp. 131–141, 2021, doi: 10.33369/jip.6.2.

S. Bylkova, E. Chubova, and I. Kudryashov, “Public Speaking as a Tool for Developing Students’ Communication and Speech Skills,” in E3S Web of Conferences, EDP Sciences, Jun. 2021. doi: 10.1051/e3sconf/202127311030.

E. Lamprou, G. Koupriza, and A. Vatakis, “The Perception and Passage of Time During Public Speaking,” Acta Psychol (Amst), vol. 246, Jun. 2024, doi: 10.1016/j.actpsy.2024.104268.

R. Grieve, J. Woodley, S. E. Hunt, and A. McKay, “Student fears of oral presentations and public speaking in higher education: a qualitative survey,” J Furth High Educ, vol. 45, no. 9, pp. 1281–1293, 2021, doi: 10.1080/0309877X.2021.1948509.

S. Tannert and A. Gröschner, “Joy of distance learning? How student self-efficacy and emotions relate to social support and school environment,” European Educational Research Journal, vol. 20, no. 4, pp. 498–519, 2021, doi: 10.1177/14749041211024784.

J. E. Turner, B. Li, and M. Wei, “Exploring effects of culture on students’ achievement motives and goals, self-efficacy, and willingness for public performances: The case of Chinese students’ speaking English in class,” Learning and Individual Differences, vol. 85, no. September 2019, p. 101943, 2021, doi: 10.1016/j.lindif.2020.101943.

P. Hidayoza, Z. Amri, and D. Wahyuni, “Level of Public Speaking Anxiety and Coping Strategy Used by English Debaters at Unit Kegiatan Bahasa Asing in Dealing with English Debate,” Journal of English Language Teaching, vol. 8, no. 1, pp. 51–60, 2019.

E. Lamprou, G. Koupriza, and A. Vatakis, “The perception and passage of time during public speaking,” Acta Psychologica, vol. 246, no. March, p. 104268, 2024, doi: 10.1016/j.actpsy.2024.104268.

A. Doyle, “Important Public Speaking Skills for Workplace Success,” https://www.thebalancemoney.com/public-speakingskills- with-examples-2059697.

A. Prasetyo, G. S. Nugroho, M. Muchran, and G. Hazmin, “Meningkatkan Keterampilan Public Speaking untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi di Depan Umum,” International Journal of Community Service Learning, vol. 7, no. 2, pp. 192–198, Jun. 2023, doi: 10.23887/ijcsl.v7i2.51633.

S. Horiuchi, J. S. Nasser, and K. C. Chung, The Art of a Scientific Presentation: Tips from Steve Jobs, vol. 149, no. 3. Lippincott Williams and Wilkins, 2022. doi: 10.1097/PRS.0000000000008849.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v8i1.2655

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Puri Kusuma Dwi Putri



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statcounter

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :