Teknik Komunikasi Arsitektur Dalam Pelatihan Media Sosial Bagi Kader Posyandu dan Dasawisma Sekelurahan Bugis

Nur Husniah Thamrin, Iga Nur Ramdhani, Cisyulia Octavia Octavia, Yusni Nyura

Abstract


Posyandu adalah pusat pelayanan kesehatan dasar bagi ibu dan balita yang dikelola oleh dan untuk masyarakat. Untuk mengoptimalkan kinerja kader Posyandu, diperlukan pelatihan yang mengandalkan ipteks agar tujuan dari Posyandu dapat tercapai maksimal. Selain kader Posyandu, Kelurahan Bugis terdiri dari 19 rukun tetangga (RT) dengan kelompok Dasawisma terdiri dari ibu rumah tangga (IRT) yang memiliki usaha/UMKM dimana kesulitan dalam mempromosikan usahanya. Maka, salah satu cara untuk membantu yaitu pelatihan memanfaatkan aplikasi Canva dan Instagram untuk konten komersil bagi kader posyandu dan anggota Dasawisma. Metodenya adalah pelatihan yang menggabungkan teori komunikasi arsitek dan untuktur dengan praktik langsung pembuatan Instagram, serta tata cara membuat konten yang menarik dengan aplikasi Canva. Pengabdian dilaksanakan bagi kader Posyandu dan Dasawisma Menur 043 RT 11 sekelurahan Bugis, Kecamatan Samarinda Kota. Hasil menunjukkan bahwa pengetahuan dan kemampuan kader telah meningkat secara signifikan dalam hal membuat konten yang menarik, meningkatkan keterlibatan audiens, dan mengukur seberapa efektif kampanye media sosial. Selain itu, pelatihan ini juga berhasil meningkatkan kepercayaan diri kader dan Dasawisma dalam memanfaatkan media sosial untuk kegiatan komersial. Kesimpulannya, penerapan teknik komunikasi arsitektur pada pelatihan media sosial efektif dalam meningkatkan kinerja kader Posyandu dan dasawisma maupun kegiatan komersial.


Keywords


komunikasi arsitektur, sosial media, kader Posyandu, Dasawisma, komersial

Full Text:

PDF

References


E. Saepuddin, E. Rizal, and A. Rusmana, “Peran Posyandu Sebagai Pusat Informasi Kesehatan Ibu Dan Anak Posyandu,” Rec. Libr. J., 2017.

[3] Pemerintah Kota Samarinda, Buku Pintar Pelaksanaan Program Pembangunan & Pemberdayaan Masyarakat (Probebaya). Samarinda, 2023.

Della Oktaviany, Arif Prambayun, Yunita Fauzia Achmad, and Ica Admirani, “Pembuatan Content Media Sosial Instagram Menggunakan Canva Untuk Promosi Objek Wisata Kampung Gelam Palembang,” Kreat. J. Pengabdi. Masy. Nusant., vol. 3, no. 2, pp. 216–222, 2023, doi: 10.55606/kreatif.v3i2.2159.

M. Sholeh, R. Y. Rachmawati, and E. Susanti, “Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk UKM,” Selaparang J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, 2020, doi: 10.31764/jpmb.v4i1.2983.

D. S. Donoriyanto, R. Indiyanto, N. R. Juliardi A. R., and Y. A. Syamsiah, “Optimalisasi Penggunaan Media Sosial sebagai Sarana Promosi Online Store pada Pelaku UMKM di Kota X,” J. Abdimas Perad., 2023, doi: 10.54783/ap.v4i1.22.

A. F. Hidayanto and N. H. Thamrin, “Desain media informasi Taman Samarendah di Samarinda,” J. Desain Prod. (Pengetahuan dan Peranc. Produk), vol. 4, no. 2, pp. 131–136, 2021, [Online]. https://journal.isi.ac.id/index.php/PRO/article/download/4438/2269




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v8i1.2686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Cisyulia Octavia Octavia



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statcounter

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :