Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Informatika SMP Elemen Computational Thinking pada MGMP-TIK Magetan

Nisa ul Hafidhoh, Ardian Prima Atmaja, Susilo Veri Yulianto, Lutfiyah Dwi Setia, Angger Binuko Paksi, Gus Nanang Syaifuddiin, Muhammad Imron Abu Mustofa, Widya Wulandari

Abstract


Saat ini Kemendikbudristek memiliki Kurikulum Merdeka dengan mata pelajaran Informatika yang akan diterapkan secara nasional pada tahun akademik 2024/2025, namun beberapa Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten dan Provinsi telah memulai melaksanakannya sejak tahun 2021/2022. Guru-guru SMP mata pelajaran Informatika di berbagai daerah memerlukan bekal pengetahuan dalam mengajarkan mapel Informatika. MGMP TIK SMP Kabupaten Magetan beranggotakan semua guru TIK SMP negeri yang berada di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Magetan, dengan jumlah anggota sebanyak 70 orang guru SMP, yang sebagian besar belum berkualifikasi sarjana komputer tetapi berkualifikasi sarjana selain komputer, sehingga dalam perjalanan kegiatan agak mengalami kendala. Salah satu pondasi dalam Informatika adalah elemen Computational Thinking. Oleh karena itu, dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan pengembangan kompetensi profesional guru elemen Computational Thinking mata pelajaran Informatika dalam implementasi kurikulum merdeka bagi MGMP TIK Kabupaten Magetan. Workshop ini membantu meningkatkan pemahaman guru terkait implementasi Computational Thinking dalam mata pelajaran serta memberi alternatif alat bantu pembelajaran Informatika.


Keywords


Computational thinking; Informatika; MGMP TIK; SMP

Full Text:

PDF

References


Sumitro, A. H., 2022, Pelatihan Computational Thinking Dalam Gerakan Pandai Pengajar Era Digital Indonesia Pada Guru Smpn 1 Muncar. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 4575–4582.

Ike, S., Musril, H.A., Putri, S.D., 2023, Analisis Berfikir Komputasional Siswa SMP pada Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Informatika, Jurnal Teknik Informatika dan Teknologi Informasi, 3(3), 105-114.

Monalisa, M., 2023, Analisis Berpikir Komputasional Siswa SMP pada Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Informatika, DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 298–304.

Safitri, R., Hermawan, D., Rahmatia, S., dan Supriyanto, A. 2022. Literasi komputasi: berpikir komputasional. UAI Press. ISBN 978-623-97616-4-6

Dwianika, A., Roseline, C. N., Priscilia, M., dan Haya, P. A., 2021, Upaya Peningkatan Kemampuan Computational Thinking Siswa di SMP Noah. Jubaedah : Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 1(1), 60-68.

Sahrun, N., Mai, S. L, Hafsah A., dan Tiara U., 2023, Implementasi Capaian Pembelajaran Informatika Dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(3), 18–26.

Kartarina, Miftahul M., Zainuddin, Dyah S., Khairan M., Ahmat A., 2022, Evaluasi Pelatihan Computational Thinking Kepada Guru Pada Program Gerakan Pandai Oleh Bebras Indonesia Biro Universitas Bumigora, TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), 5 (1), 311-319




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v8i1.2742

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Nisa ul Hafidhoh, Ardian Prima Atmaja, Susilo Veri Yulianto, Lutfiyah Dwi Setia, Angger Binuko Paksi, Gus Nanang Syaifuddiin, Muhammad Imron Abu Mustofa, Widya Wulandari



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statcounter

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :