Penerapan Gamifikasi Materi Pembelajaran Tingkat SMA dengan Menggunakan Wordwall

Noor Ageng Setiyanto, Novianto Nur Hidayat, Muhamad Akrom, Ayu Pertiwi, Moch. Anjas Aprihartha, Aprilyani Nur Safitri, Usman Sudibyo, Wahyu Aji Eko Prabowo, Harun Al Azies, Muhammad Naufal

Abstract


Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Mranggen, Demak, dengan tujuan untuk menciptakan variasi materi pembelajaran melalui proses gamifikasi, sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik dan interaktif bagi siswa tingkat menengah. Tema dari kegiatan ini adalah gamifikasi materi pembelajaran menggunakan alat bantu Wordwall, yang memungkinkan pengintegrasian elemen permainan dalam proses belajar-mengajar. Kegiatan ini melibatkan para guru di SMA Negeri 2 Mranggen, Demak. Metode yang digunakan meliputi observasi untuk memahami kebutuhan pembelajaran di sekolah, serta pelatihan langsung dalam bentuk seminar, demonstrasi, dan sesi diskusi interaktif. Teknik ini dirancang agar para guru dapat memahami konsep gamifikasi, mempraktikkan penggunaan Wordwall, dan mengembangkan materi ajar yang kreatif serta sesuai dengan kurikulum yang ada. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa implementasi gamifikasi materi pembelajaran melalui Wordwall efektif dalam meningkatkan pemahaman guru terhadap konsep gamifikasi. Selain itu, para guru merasa terbantu dan termotivasi untuk menciptakan materi pembelajaran yang lebih kreatif, menarik, dan dinamis.


Keywords


Gamifikasi, Materi Pembelajaran, Wordwall

Full Text:

PDF

References


Nurlita D, Sari J P, Harahap R A, Studi P, Fakultas T B, Tarbiyah I and Keguruan D 2023 Systematic Literature Review: Pemanfaatan Game Edukasi Digital sebagai Media Pembelajaran Biologi di SMA Jurnal edukasi nonformal 4 455–453

Utami F, Yoga Pradana A, Bratha Sheftyawan W and Supriadi B 2023 Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Fisika Di SMA 1 Jurnal Pembelajaran Fisika 12 61–7

Haryadi R, Nuraini H and Kansaa A 2021 Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa AtTàlim : Jurnal Pendidikan 7 2548– 4419

Batubara H H 2020 Media Pembelajaran Efektif ed F Publishing (Semarang: Fatwa Publishing)

S H Amalia, A Purwanto dan Eko Risdianto 2014 Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Fisika (GEMIKA) Berbantuan Wordwall Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol. 15 No. 2

Sidiq, R., & Simamora, R. S. (2022). Game Edukasi: Strategi dan Evaluasi Belajar Sesuai Abad 21. Yayasan Kita Menulis.

Alamsah, G. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Berbantuan Media Wordwall Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Cihaurbeuti Tahun Ajaran 2022/2023). Universitas Siliwangi.

T. M. Oviliani and R. Susanto, “The effect of Wordwall Educational Game-Based Learning Media on Interest in Learning Natural Sciences,” Educ. Soc. Sci. Rev., vol. 4, no. 1, pp. 27–33, 2023.

N. Ilahiyati, Z. Rohmah, and H. Hamamah, “the Implementation of Wordwall Games in Vocabulary Learning,” IJEE (Indonesian J. English Educ., vol. 10, no. 1, pp. 144–159, 2023.

M. Zaniyati and R. Rohmani, “Analysis of the Effectiveness of Pop-Up Book Media on Science Learning in Elementary Schools,” IJORER Int. J. Recent Educ. Res., vol. 5, no. 4, pp. 919–934, 2024.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v8i1.2851

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Novianto Nur Hidayat



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statcounter

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :