Optimalisasi Pengelolaan Media Sosial pada Program Studi Pendidikan Seni Rupa Universitas Negeri Gorontalo

Musfir Rizal Pratama, Aristi Asri, Ulfatun Nadifa, Haeriani Haeriani, Suherman Suherman

Abstract


Pengelolaan media sosial yang optimal dapat meningkatkan visibilitas dan reputasi program studi. Pengelolaan media sosial bukan hanya sebagai sarana publikasi karya dan kegiatan program studi, tetapi juga sebagai media promosi yang dapat meningkatkan citra dan daya tarik program studi. Hasil observasi menunjukkan bahwa pengelolaan media sosial pada Program Studi Pendidikan Seni Rupa Universitas Negeri Gorontalo belum maksimal, sehingga perlu dilakukan optimalisasi. Pengabdian ini bertujuan untuk mengoptimalkan pengelolaan media sosial sebagai sarana publikasi dan promosi program stud. Kegiatan pengabdian diawali dengan melakukan identifikasi isu-isu aktual di lingkungan Program Studi Pendidikan Seni Rupa Universitas Negeri Gorontalo, kemudian menentukan isu utama yang menjadi fokus aktualisasi. Terakhir, dilakukan kegiatan penyelesaian isu utama sebagai langkah praktis dan kreatif. Capaian utamanya adalah terciptanya strategi konten yang terstruktur yang disusun berdasarkan preferensi audiens dan tren terkini, sehingga publikasi dan promosi program studi menjadi lebih terarah dan tepat sasaran, serta peningkatan kualitas konten visual yang menarik perhatian audiens.


Keywords


Optimalisasi, Media sosial, Pendidikan Seni Rupa

Full Text:

PDF

References


hamuddin, M. F., Rifqi, A. R., Setianingrum, V. M., & Najlah, N. N. (2022). Pelatihan pengelolaan media sosial sebagai media humas pondok pesantren al-falah ploso mojo kediri. Transformasi Dan Inovasi : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 89-93. https://doi.org/10.26740/jpm.v1n2.p89-93

Widanti, N. P. T. (2022). Konsep good governance dalam perspektif pelayanan publik: sebuah tinjauan literatur. Jurnal Abdimas Peradaban, 3(1), 73-85. https://doi.org/10.54783/ap.v3i1.11

Putri, S. A. Z., & Samsudin, A. (2023). Optimalisasi Sosial Media Marketing untuk Meningkatkan Konversi Penjualan pada Usaha Catering Rumahan. Sejahtera: Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri, 2(3), 165-170. https://doi.org/10.58192/sejahtera.v2i3.1114

Siswanto, T. (2018). Optimalisasi sosial media sebagai media pemasaran usaha kecil menengah. Liquidity, 2(1), 80-86. https://doi.org/10.32546/lq.v2i1.134

Ain, A. Q., Mirza, K., Caniago, M. F., & Faturohman, M. H. (2021). Fenomena buzzer dalam kontroversi omnibus law di media sosial. Ijd-Demos, 3(3). https://doi.org/10.37950/ijd.v3i3.97

Pebriani, M. and Darmiyanti, A. (2024). Pengaruh media sosial terhadap perkembangan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(3), 9. https://doi.org/10.47134/paud.v1i3.556

Djatnika, T. and Gunawan, A. I. (2021). Perspektif adopsi media sosial sebagai implementasi teknologi manajemen hubungan pelanggan (crm) pada umkm. Bhakti Persada, 7(2), 78-87. https://doi.org/10.31940/bp.v7i2.78-87

Dipa, A. K., Hafiar, H., & Rahmat, A. (2022). Pola pengelolaan media komunikasi publik perguruan tinggi dalam membentuk online reputation. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 7(2), 292. https://doi.org/10.52423/jikuho.v7i2.24561

Coccia, M. (2020). Fishbone diagram for technological analysis and foresight. International Journal of Foresight and Innovation Policy, 14(2-4), 225-247. https://doi.org/10.1504/IJFIP.2020.111221

Rahmala, A., Ardhito, D., & Riska, L. (2022). Analitik big data: social media mining. Journal Cerita, 8(2), 164-170. https://doi.org/10.33050/cerita.v8i2.2464

Nirwana, A. (2023). Implementation of artificial intelligence in digital marketing development: A thematic review and practical exploration. Jurnal Manajemen Bisnis, Akuntansi Dan Keuangan, 2(1), 85-112. https://doi.org/10.55927/jambak.v2i1.4034

Mahatmi, M. W. M. W., Iswanti, S., & Hanafi, M. N. (2022). Pemanfaatan media sosial instagram sebagai sarana promosi di twinkle daycare & amp; courses. Jurnal Pengabdian Masyarakat - Teknologi Digital Indonesia., 1(2), 57. https://doi.org/10.26798/jpm.v1i2.596




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v8i1.2856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Musfir Rizal Pratama, Aristi Asri, Ulfatun Nadifa, Haeriani Haeriani, Suherman Suherman



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statcounter

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :