Kampanye Persuasif dalam Memotivasi Orang Tua untuk Meningkatkan Kesadaran dan Mendukung Program Posyandu

Rhaditya Angreani Lestari, Saheba Isadora Ivana Sembiring, Shuza Walia Muslih, Tafta Zania Aslan Winata, Tri Wahyu Ningtias, Hamida Syari harahap

Abstract


Posyandu merupakan program kesehatan berbasis masyarakat yang bertujuan untuk mendukung kesehatan ibu dan anak melalui layanan seperti imunisasi, pemantauan tumbuh kembang, dan pemberian makanan tambahan. Meskipun memiliki peran strategis, partisipasi warga seringkali rendah, seperti yang terjadi di Posyandu Kenanga 2 RW.07 Kelurahan Harapan Mulya. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kesadaran dan partisipasi warga dalam mendukung program Posyandu. Metode yang dilakukan dimulai dari tahap satu yaitu berdiskusi dengan kader posyandu mengenai program rendahnya kesadaran dan partisipasi untuk mengikuti program Posyandu, tahap ke dua yaitu diskusi interaktif  dengan media pendukung seperti poster dan standing banner serta pembuatan video kreatif yang disebar melalui media sosial, dan tahap ke tiga yaitu evaluasi berupa pendataan warga kampanye persuasif dilaksanakan. Hasil yang didapatkan menunjukkan  adanya peningkatan partisipasi masyarakat sebesar 62% yang sebelumnya hanya 38%. Hal ini terbukti adanya peningkatan jumlah hadir para ibu dan balita dengan adanya kampanye.


Keywords


Kampanye Persuasif, Kesehatan, Posyandu

Full Text:

PDF

References


Kementerian Kesehatan RI, Buku Saku Posyandu. Jakarta. 2012.

L. Indahwati dkk., “Optimalisasi peran kader posyandu dalam peningkatan kesehatan ibu dan anak,” Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), vol. 6, no. 2, hlm. 236–246, Mei 2023, doi: 10.33474/jipemas.v6i2.19713.

B. B. Silaban dkk., “Kolaborasi Mahasiswa KKN Bersama Kader Posyandu Dalam Pencegahan dan Penurunan Stunting di Negeri Hative Besar Kota Ambon,” Pattimura Mengabdi, vol. 2, hlm. 2986–5107, 2024, doi: 10.30598/pattimura-mengabdi.2.2.145-150.

J. A. Devito, Komunikasi Antar Manusia. Pamulang-Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group, 2011.

A. Arianto, M. Alfikri, dan R. Muary, “KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM MENGKAMPANYEKAN PROTOKOL KESEHATAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DINAS KESEHATAN PASAMAN BARAT,” SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan, vol. 1, no. 11, hlm. 2595–2604, Okt 2022, doi: 10.54443/sibatik.v1i11.403.

H. Kurniadi dan M. Hizasalasi, “STRATEGI KOMUNIKASI DALAM KAMPANYE DIET KANTONG PLASTIK OLEH GIDKP DI INDONESIA,” Medium Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau, vol. 6, 2017.

S. Turnip, “Narration in Health Communication for Stunting,” Journal of Health Promotion and Behavior, vol. 3, no. 4, hlm. 248–256, 2018, doi: 10.26911/thejhpb.2018.03.04.04.

P. K. Putri, “Aplikasi Pendekatan-Pendekatan Persuasif Pada Riset Komunikasi Pemasaran: Iklan Melibatkan Penciptaan dan Penerimaan Pesan Komunikasi Persuasif Mengubah Perilaku Pembelian,” Jurnal The Messenger, vol. 8, no. 1, hlm. 1–16, 2016, Diakses: 15 Januari 2025. [Daring]. Tersedia pada: https://journals.usm.ac.id/index.php/the-messenger/article/view/313/211

Suwandi, “TEKNIK PERSUASIF DALAM SPANDUK KAMPANYE CALON KEPALA DESA TAHUN 2019 DI KECAMATAN KEDAMEAN KABUPATEN GRESIK,” Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, vol. 9, no. (1), hlm. 19–29, 2022, [Daring]. Tersedia pada: http://journal.unesa.ac.id/index.php/paramasastra

N. Angga, “Analisis Variasi Kalimat Dan Penggunaan Teknik Persuasif Dalam Spanduk Kampanye Calon Presiden Dan Wakil Presiden Republik Indonesia Tahun 2014 Di Kota Yogyakarta,” Universitas Negeri Yogyakarta., 2015.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v8i2.2912

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Hamida Syari harahap



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statcounter

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di : 

slot gacor

slot88qris

ajo89