Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka bagi Guru di SMAN 1 Tinombo Selatan

misriyani misriyani, Nasrun Nasrun, Idrus Aljufri, Wahiduddin Basry

Abstract


Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru di SMAN 1 Tinombo Selatan dalam menerapkan Kurikulum Merdeka. Pelatihan ini difokuskan pada pemahaman konsep dasar kurikulum, perancangan pembelajaran berbasis proyek, penerapan penilaian otentik, serta pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Metode yang digunakan meliputi pelatihan dan workshop. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman guru tentang Kurikulum Merdeka, terukur dari peningkatan skor rata-rata pemahaman guru (72%), serta efektivitas pelatihan yang dinilai "setuju/sangat setuju" oleh 83% guru. Implementasi Proyek P5 di kelas meningkat (75%), dengan tingkat keterlibatan siswa dinilai "tinggi/sangat tinggi" oleh 78% guru. Meskipun begitu, dukungan sekolah (58%) dan kebutuhan sumber daya (45%) masih perlu ditingkatkan. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah mitra.


Keywords


Kurikulum Merdeka; Guru; Pelatihan; Pembelajaran Berbasis Proyek; Penilaian Otentik

Full Text:

PDF

References


] Kemendikbud. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

McCombs, B. L., & Miller, L. (2007). Learner-Centered Classroom Practices and Assessments: Maximizing Student Motivation, Learning, and Achievement. Thousand Oaks, CA: Corwin Press.

Bender, W. N. (2017). Project-Based Learning: Differentiating Instruction for the 21st Century. Thousand Oaks, CA: Corwin Press.

Krauss, J., & Boss, S. (2013). Thinking Through Project-Based Learning: Guiding Deeper Inquiry. Thousand Oaks, CA: Corwin.

Prensky, M. (2010). Teaching Digital Natives: Partnering for Real Learning. Thousand Oaks, CA: Corwin.

Darling-Hammond, L., Hyler, M. E., & Gardner, M. (2017). Effective Teacher Professional Development. Palo Alto, CA: Learning Policy Institute.

Mills, G. E., & Gay, L. R. (2018). Educational Research: Competencies for Analysis and Applications (12th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.

Ghauri, P., Grønhaug, K., & Strange, R. (2010). Research Methods in Business Studies, 4 uppl. Harlow, Storbritannien: Pearson Education Limited.

Johnson, E., & Karley, J. (2018). Impact of Service Quality on Customer Satisfaction. Case study: Liberia Revenue Authority. Retrieved from http://hig.diva-portal.org/smash/record.jsf?pid=diva2%3A1246475&dswid=8140

Khan, M. M., & Fasih, M. (2014). Impact of service quality on customer satisfaction and customer loyalty: Evidence from banking sector. Pakistan Journal of Commerce and Social Sciences (PJCSS), 8(2), 331-354

Chambo, S., Mwangi, M., & Oloo, O. (2008). An analysis of the socio-economic impact of cooperatives in africa and their institutional context. Nairobi, International Co-operative Alliance and the Canadian Cooperative Association.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v8i2.2915

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 misriyani misriyani



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statcounter

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di : 

slot gacor

slot88qris

ajo89