Implementasi Strategi Branding Digital Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Kopi di Desa Kemiri

Muhammad Ainul Yaqin, Muhammad Faizal Rahman, Muhammad Zaenal Fanani, Mambaul Maghfiroh, Afifatuz Zahro

Abstract


Implementasi strategi branding digital pada kopi Bukit 78 bertujuan untuk memperluas jangkauan merek dan meningkatkan kesadaran konsumen terhadap kualitas serta komitmen keberlanjutan yang dimiliki produk ini. Merek Bukit 78, yang dikenal dengan kopi berkualitas tinggi dan proses pengolahan ramah lingkungan, dapat memanfaatkan platform digital untuk mengkomunikasikan nilai-nilai tersebut dengan lebih efektif. Strategi yang diusulkan meliputi pemanfaatan media sosial sebagai alat utama untuk berinteraksi langsung dengan konsumen, serta pembuatan konten visual yang menarik seperti foto dan video yang menggambarkan keaslian produk dan cerita di baliknya. Kolaborasi dengan influencer di dunia kopi dapat mempercepat penyebaran informasi mengenai produk, sementara pembuatan komunitas online yang loyal dapat memperkuat hubungan emosional dengan konsumen. Selain itu, kampanye berbasis nilai, seperti keberlanjutan dan dukungan terhadap petani lokal, diharapkan dapat menarik konsumen yang memiliki kesadaran tinggi terhadap isu-isu sosial dan lingkungan. Dengan pendekatan ini, Bukit 78 diharapkan dapat menciptakan citra merek yang lebih kuat, meningkatkan interaksi dengan konsumen, dan pada akhirnya memperluas pasar secara signifikan. Strategi ini akan membantu merek untuk bersaing lebih efektif di pasar kopi yang semakin kompetitif.


Keywords


digital branding;kopi Bukit 78;media sosial;keberlanjutan;konten visual

Full Text:

PDF

References


L. Ansori, “Siap-Siap Pemekaran Wilayah Malang! Kecamatan Jabung dan Poncokusumo Bakal Masuk Kabupaten Ini,” Malang Terkini | PRMN. Accessed: Feb. 09, 2025. [Online]. Available: https://malang.pikiran-rakyat.com/news/pr-3538959867/siap-siap-pemekaran-wilayah-malang-kecamatan-jabung-dan-poncokusumo-bakal-masuk-kabupaten-ini?page=all

M. Athoillah, L. M. Pimada, P. Yuana, and G. M. Paksi, “PENDAMPINGAN IDENTIFIKASI POTENSI EKONOMI MELALUI PENDEKATAN MARKET SYSTEM DEVELOPMENT DI KECAMATAN JABUNG, KABUPATEN MALANG,” Jurnal Abdi Insani, vol. 11, no. 2, pp. 1544–1552, May 2024, doi: 10.29303/abdiinsani.v11i2.1594.

D. Resty, R. Loisa, and N. Pandrianto, “Analisis Komunikasi Pemasaran Kedai Kopi dalam Membangun Brand Awareness melalui Media Sosial (Studi Kasus pada Instagram Kopi Lain Hati),” J. Prologia, vol. 7, no. 1, pp. 94–100, Mar. 2023, doi: 10.24912/pr.v7i1.15840.

K. Kusno, M. I. P. Ariin, S. N. Wiyono, and D. Rochdiani, “STRATEGI PEMASARAN KOPI LUWAK MANGLAYANG KARLINA DI KELOMPOK TANI KIWARI FARMERS, KABUPATEN BANDUNG,” Agricore, vol. 4, no. 1, Dec. 2019, doi: 10.24198/agricore.v4i1.22799.

N. Handayani, J. K. N, S. H. Harun, D. Y. Putri, and V. Melati, “Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Masyarakat Berbasis Potensi Desa melalui Pembuatan Produk Olahan dan Digital Marketing di Desa Mekarjaya, Bogor,” btjpm, vol. 5, no. 1, p. 274, Feb. 2023, doi: 10.20527/btjpm.v5i1.7326.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v8i2.2940

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Muhammad Ainul Yaqin, Muhammad Faizal Rahman, Muhammad Zaenal Fanani, Mambaul Maghfiroh, Afifatuz Zahro



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statcounter

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di : 

slot gacor

slot88qris

ajo89