Unplugged Coding Activity sebagai Pendekatan Pengenalan Konsep Berpikir Komputasional Siswa Madrasah Aliyah

Rimba Whidiana Ciptasari, Ema Rachmawati, Lidya Ningsih

Abstract


Salah satu tantangan dalam pembelajaran berpikir komputasional siswa pada sekolah madrasah adalah muatan informatika masih berperan sebagai mata pelajaran pilihan atau ekstrakurikuler. Disamping itu, terbatasnya ketersediaan perangkat komputer sebagai media pembelajaran juga menjadi tantangan lainnya. Berdasarkan kondisi tersebut, pada 2024, Biro Bebras Universitas Telkom mengadakan pelatihan pengenalan berpikir komputasional berbasis unplugged coding activity kepada siswa madrasah aliyah Ponpes Modern Assuruur Kabupaten Bandung. Terdapat tiga jenis permainan unplugged yang diberikan, yaitu RoboKnapsack, Railway Line, dan Sorting Network. Evaluasi tingkat pemahaman siswa dilakukan melalui pretest dan posttest dengan tingkat kesulitan soal posttest yang lebih tinggi. Hasilnya menunjukkan sekitar 28,57% para siswa masih mampu mempertahankan nilai bahkan memperoleh nilai yang lebih tinggi. Hal ini menunjukkan efektivitas unplugged coding activity sebagai strategi awalan untuk mengenalkan konsep berpikir komputasional.


Keywords


Berpikir komputasional; Unplugged coding; Muatan informatika

Full Text:

PDF

References


I. Liem et al., Tantangan Bebras Indonesia 2017 Bahan Belajar Computational Thinking tingkat SMA. NBO Bebras Indonesia, 2017.

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PUSAT KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN, Pedoman Implementasi Muatan/Mata Pelajaran Informatika Kurikulum 2013. 2019.

Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan, “Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi nomor 033/H/KR/ 2022 Tentang Perubahan Atas Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologinomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan AnakUsia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka.,” Jakarta, 2022.

Kementrian Agama Republik Indonesia, Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2019 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada Madrasah. 2019.

R. W. Ciptasari, S. Meliana, and A. Romadhony, “Lokakarya Mata Pelajaran Informatika dalam Meningkatkan Pemahaman Konseptual Algoritma Pemrograman para Guru,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, vol. 3, no. 3, pp. 126–137, Jul. 2024.

M. Arzaki et al., “ANALISIS KORELASI NILAI MICROTEACHING GURU DENGAN KEMAMPUAN PEMBUATAN SOAL YANG MENGINTEGRASIKAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL PADA MATA PELAJARAN MELALUI GERAKAN PANDAI,” Prosiding COSECANT : Community Service and Engagement Seminar, vol. 1, no. 2, Mar. 2022, doi: 10.25124/cosecant.v1i2.17506.

M. Arzaki et al., “Korelasi antara Nilai Latihan Soal Berpikir Komputasional dan Hasil Tantangan Bebras pada Siswa sebagai Bagian dari Peningkatan Kesiapan Guru dalam Gerakan PANDAI,” Charity, vol. 5, no. 2a, p. 21, Jul. 2022, doi: 10.25124/charity.v5i2a.5071.

M. Arzaki et al., “Pelatihan Berpikir Komputasional untuk Peningkatan Kompetensi Guru Telkom Schools sebagai Bagian dari Gerakan PANDAI,” I-Com: Indonesian Community Journal, vol. 3, no. 3, pp. 1119–1138, Sep. 2023, doi: 10.33379/icom.v3i3.2988.

M. Mutoharoh, M. Munawar, and D. Prasetiyawati Diyah Hariyanti, “Kegiatan Unplugged Coding Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Dan Kritis Anak Usia Dini,” in SEMINAR NASIONAL PG-PAUD 2023 “Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan” , Semarang, Jan. 2024.

F. Ali Rahman, D. Abdul M L, and I. Fitri Apriani, “PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERPIKIR KOMPUTASIONAL MODEL UNPLUGGED PADA MATERI BILANGAN CACAH DI KELAS V SD ,” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, vol. 8, no. 2, Sep. 2023.

E. Rosa, A. Nuraulia, R. Destian, and L. Septem Riza, “Penerapan Computational Thinking melalui Aktifitas Unplugged dalam Materi Pengelolaan Sampah pada Pendidikan Anak Usia Dini ,” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 8, no. 1, pp. 14940–14952, Apr. 2024.

Herlina, B. Tandaningtyas Sundoro, and Z. Ernaningsih, “Pelatihan Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Computational Thinking di SD Bopkri Wonosari II ,” in Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Yogyakarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Jun. 2024.

N. O. Syamsiah, Y. Firmansyah, Y. Mustika, B. Burhanudin, A. Gani, and N. Fitriani, “PENGARUH EDUKASI UNPLUGGED CODING TERHADAP KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING ANAK USIA SEKOLAH DASAR,” VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, vol. 15, no. 2, pp. 365–373, Nov. 2024, doi: 10.31932/ve.v15i2.4048.

A. Nurhopipah, J. Suhaman, and M. Tri Humanita, “PEMBELAJARAN ILMU KOMPUTER TANPA KOMPUTER (UNPLUGGED ACTIVITIES) UNTUK MELATIH KETERAMPILAN LOGIKA ANAK,” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), vol. 5, no. 5, pp. 2603–2614, Oct. 2021.

M. N. F. Syamsy and A. Sholikhah, “Computational Thinking pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Maulana Maghribi Kandeman dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah,” Circle: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 3, no. 2, pp. 212–227, Sep. 2023, doi: 10.28918/circle.v3i2.1222.

Y. A. Setiawan and S. S. Ringo, “Pengaruh Kegiatan Plugged dan Unplugged Terhadap Berpikir Komputasional Murid SMP,” Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, vol. 8, no. 3, pp. 993–1014, Nov. 2024, doi: 10.26811/didaktika.v8i3.1680.

E. Mardiany, M. Mustaji, and R. D. Rusmawati, “Pengaruh Metode Computer Science Unplugged dan Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Komputasional Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Waru Sidoarjo,” JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), vol. 9, no. 2, pp. 487–495, May 2024, doi: 10.29100/jipi.v9i2.4353.

Wahyudin, Amellya Mustikaningtyas Rishanty, and Muhammad Nursalman, “PENGARUH PEMBELAJARAN MELALUI UNPLUGGED BERBASIS TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI,” PINTER : Jurnal Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, vol. 5, no. 2, pp. 1–7, Dec. 2021, doi: 10.21009/pinter.5.2.1.

H. D. Hermawan et al., “Pelatihan Computational Thinking bagi Mahasiswa melalui CSUnplugged sebagai Penguatan Dasar-Dasar Pemrograman,” Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 9, no. 3, pp. 455–466, Sep. 2024, doi: 10.36312/linov.v9i3.2001.

T. Sutojo, S. Rustad, M. Akrom, and W. Herowati, “IMPLEMENTASI COMPUTATIONAL THINKING PADA KURIKULUM MERDEKA MENGGUNAKAN METODE UNPLUGGED PROGRAMMING ACTIVITY (UPA),” ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, vol. 7, no. 1, p. 106, Jan. 2024, doi: 10.62411/ja.v7i1.1830.

G. A. Trisnapradika, A. Pertiwi, W. E. A. Prabowo, N. A. Setiyanto, and C. A. Putra Sumarjono, “Pelatihan Model Hybrid Plugged dan Unplugged Computational Thinking (MHPUCT) bagi Guru TK dan SD Gaussian Kamil School Semarang,” ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, vol. 7, no. 2, p. 576, May 2024, doi: 10.62411/ja.v7i2.1888.

D. Vitalocca, Nuridayanti, H. Ashari, and N. Mukhlisah Abdal, “Implementasi Unplugged Computational Thinking untuk Guru Mata Pelajaran Informatika se-Balikpapan ,” Ininnawa Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 1, pp. 91–98, Apr. 2024.

R. Giyartini, D. Alia, M. R. W. Muharram, and R. U. Nevyanti, “Implementasi Computational Thinking Unplugged dalam Pembelajaran Seni Tari di Sekolah Indonesia Luar Negeri Davao, Filipina,” JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), vol. 7, no. 2, pp. 877–884, Nov. 2022, doi: 10.21067/jpm.v7i2.6720.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v8i2.2953

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Rimba Whidiana Ciptasari, Ema Rachmawati, Lidya Ningsih



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statcounter

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di : 

slot gacor

slot88qris

ajo89