PKM Edukasi Business Model Canvas (BMC) pada Perusahaan UMKM Supplier Unggas

Adinda Farhana, Tri Novia Sari, Uki Aulia Rosalina, Masri Pradipto, Mohammad Riski Borman, Sri Hartini

Abstract


Perusahaan MRB Supply merupakan UMKM supplier unggas yang melakukan supply ayam atau bebek ke restoran atau rumah makan, bisnis yang dijalankan masih relatif baru jadi masih butuh marketing ke restoran atau tempat makan untuk menjangkau pelanggan yang lebih banyak. Perusahaan memasok ayam yang dari Charoen Pokphand yang ada di wilayah Parung, Bogor. Persaingan yang semakin ketat membuat perusahaan harus giat mencari distributor untuk dapat melebarkan sayap bisnisnya. Kendala yang dihadapi adalah bisnis yang masih relatif baru sehingga pelanggan yang dipasok masih sedikit. Belum pahamnya inovasi bisnis dan cara dalam membangun bisnis menjadi masalah utama yang harus dipecahkan. Oleh karena itu, untuk dapat mengatasi permasalahan tersebut diperlukan adanya sosialisasi konsep dan strategi bisnis menggunakan pendekatan Business Model Canvas (BMC). Metode kualitatif dengan Focus Group Discussion (FGD) dan Problem Solving adalah metode dalam pendekatan BMC untuk mendapatkan rancangan model bisnis di MRB Supply. Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pandangan mengenai pentingnya penerapan BMC pada proses bisnis Perusahaan. Kegiatan sosialisasi ini membuat pihak Perusahaan untuk mengetahui, memahamil, dan dapat menerapkan prinsip BMC pada proses bisnisnya.


Keywords


Business Model Canvas (BMC), Konsep dan Strategi Bisnis, Marketing Bisnis, Supplier Unggas

Full Text:

PDF

References


D. H. Soegiantoro, E. Kristanti, C. Yono, E. P. Genggang, E. Widaningsih, and M. Meirentia, “Pelatihan Pembuatan BMC (Business Model Canvas) Produk Lilin Aromaterapi Untuk Terapi Komplementer Di SMA Negeri 1 Pakem Corresponding Author,” vol. 2, no. 2, 2023.

D. Akmarul Putera et al., “SOSIALISASI BUSINESS MODEL CANVAS TERHADAP PELAKU USAHA,” 2023.

A. Umar, “BUSINESS MODEL CANVAS AS A SOLUTION FOR COMPETING STRATEGY OF SMALL BUSINESS IN INDONESIA,” 2018.

R. Raihan Ariffianto, B. Santoso, and U. Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, “MUSYAWARAH: Pemanfaatan Business Model Canvas (BMC) Dan Analisis SWOT Dalam Mendesain Strategi Peningkatan Efektivitas UMKM Sidizert 1),” 2024. [Online]. Available: http://jurnal.anfa.co.id/index.php/musyawarah/

S. Sparviero, “The Case for a Socially Oriented Business Model Canvas: The Social Enterprise Model Canvas,” Journal of Social Entrepreneurship, vol. 10, no. 2, pp. 232–251, May 2019, doi: 10.1080/19420676.2018.1541011.

A. O. Osterwalder and Y. Pigneur, Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. Wiley, 2010.

J. Ojasalo and K. Ojasalo, “Service Logic Business Model Canvas,” Journal of Research in Marketing and Entrepreneurship, vol. 20, no. 1, pp. 70–98, Jul. 2018, doi: 10.1108/JRME-06-2016-0015.

B. Fakieh, A. S. Al-Malaise Al-Ghamdi, and M. Ragab, “The Effect of Utilizing Business Model Canvas on the Satisfaction of Operating Electronic Business,” Complexity, vol. 2022, 2022, doi: 10.1155/2022/1649160.

T. Ladd, “Does the business model canvas drive venture success?,” Journal of Research in Marketing and Entrepreneurship, vol. 20, no. 1, pp. 57–69, Jul. 2018, doi: 10.1108/JRME-11-2016-0046.

I. S. Wekke, Metode Penelitian Sosial, 1st ed. Yogyakarta: Gawe Buku, 2019. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/344211045

Fadli, Suryadi, A. F. Tanjung, Barmawi, A. Azzahra, and J. Mutika, “Pendampingan Pengembangan Usaha UMKM Baru Dengan Model Bisnis Canvas,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, vol. 1, no. 10, 2023, [Online]. Available: https://jurnalpengabdianmasyarakatbangsa.com/index.php/jpmba/index

Goodstats, “Menilik Pengguna Media Sosial Indonesia 2017-2026,” https://data.goodstats.id/statistic/menilik-pengguna-media-sosial-indonesia-2017-2026-xUAlp. Accessed: Jan. 08, 2025. [Online]. Available: https://data.goodstats.id/statistic/menilik-pengguna-media-sosial-indonesia-2017-2026-xUAlp

T. Sumarni et al., “Penggunaan Sosial Media Advertising dalam Meningkatkan Brand Awareness,” Indonesian Journal of Innovation Science and Knowledge, vol. 28, 2024.

M. Krisnantha Swimbawa and D. M. Lemy, “Pengaruh Social Media Marketing terhadap Brand Awareness, Brand Image dan Brand Loyalty Pesona Indonesia,” Jul. 2023. [Online]. Available: https://attractivejournal.com/index.php/bce//index




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v8i2.2971

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Adinda Farhana



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statcounter

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di : 

slot gacor

slot88qris

ajo89