Pemberdayaan Petani Dengan Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penggunaan Digital Marketing Pada Komunitas Peternak Telur Puyuh Kecamatan Getasan

Sudiyono Sudiyono, Satria Avianda Nurcahyo, Teguh Harso Widagdo, Ahmad Ali, Adi Purwanto

Abstract


Pemberdayaan petani dan peternak merupakan salah satu upaya strategis dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas komunitas peternak telur puyuh di Kecamatan Getasan melalui strategi pemasaran produk UMKM berbasis digital marketing. Tantangan utama yang dihadapi oleh peternak meliputi keterbatasan akses pasar, rendahnya literasi digital, serta kurangnya pemanfaatan teknologi dalam pemasaran. Melalui program ini, dilakukan pelatihan dan pendampingan dalam pemanfaatan berbagai platform digital, seperti media sosial, marketplace, dan aplikasi e-commerce untuk meningkatkan jangkauan pemasaran produk.Metode yang digunakan dalam kegiatan ini mencakup survei kebutuhan, pelatihan digital marketing, serta monitoring dan evaluasi terhadap penerapan strategi pemasaran oleh peserta. Hasil dari program ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan peternak dalam memanfaatkan digital marketing, yang berimplikasi pada peningkatan penjualan dan perluasan pasar. Selain itu, terbentuknya komunitas pemasaran digital berbasis peternak diharapkan dapat menjadi wadah kolaborasi dan berbagi pengalaman dalam mengembangkan usaha secara berkelanjutan.Kesimpulannya, strategi pemasaran berbasis digital marketing terbukti menjadi solusi efektif dalam meningkatkan daya saing produk UMKM peternak telur puyuh. Pemberdayaan berbasis teknologi ini diharapkan dapat mempercepat transformasi ekonomi digital di sektor peternakan dan memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan peternak di Kecamatan Getasan.

Kata kunci: pemberdayaan petani, digital marketing, pemasaran UMKM, peternak telur puyuh, Kecamatan Getasan.


Keywords


pemberdayaan petani, digital marketing, pemasaran UMKM, peternak telur puyuh, Kecamatan Getasan.

Full Text:

PDF

References


B. Harsanto, M. Pradana, E. A. Firmansyah, A. Apriliadi, and J. Ifghaniyafi Farras, “Sustainable Halal Value Chain performance for MSMEs: the roles of digital technology, R&D, financing, and regulation as antecedents,” Cogent Bus. Manag., vol. 11, no. 1, pp. 41–67, 2024, doi: 10.1080/23311975.2024.2397071.

M. Hernandez-de-Menendez, R. Morales-Menendez, C. A. Escobar, and M. McGovern, “Competencies for Industry 4.0,” Int. J. Interact. Des. Manuf., vol. 14, no. 4, pp. 1511–1524, 2020, doi: 10.1007/s12008-020-00716-2.

Y. Haryadi, U. Narimawati, and M. Y. Syafei, “Tec Empresarial The Effect of Information Technology Utilization,” Bus. Int. Manag., vol. 21, pp. 13–26, 2024, doi: https://doi.org/10.1229/tecempresarialjournal.v19i2.490.

S. Nurcahyo, T. Widagdo, S. Sudiyono, and A. Ali, “Strategic Study: Optimization of Strengthening Critical Thinking and Teamwork of the Marketing Division of PT Suzuki Mobil Sejahtera Trada Pemuda Semarang,” 2023, doi: 10.4108/eai.28-10-2023.2341813.

Wijaya, “Desa Digital: Peluang Untuk Mengoptimalkan Penyebarluasan Peraturan Perundang-undangan di Indonesia,” Jurnall Din. Huk., vol. 14, pp. 13–22, 2013.

S. A. Nurcahyo, S. I. Isnawati, T. H. Widagdo, and A. Rizal, “Islamic Economic Concepts To Form Community Welfare From The Perspective Of Ibnu Khaldun’s Thinking,” AL-ARBAH J. Islam. Financ. Bank., vol. 6, no. 1, pp. 75–92, 2024, doi: 10.21580/al-arbah.2024.6.1.21060.

M. F. Firmansyah, H. Z. Maulana, S. C. Azhari, and M. F. Efendi, “Pengaruh Social Media Marketing terhadap Customer Satisfaction pada Minat Berwisata Sub Urban Kota Tasikmalaya: Apakah Promosi Sosial Media Mengubah Minat Generasi Z?,” J. Tour. Creat., vol. 6, no. 1, p. 56, 2022, doi: 10.19184/jtc.v6i1.29156.

Kusuma, “Potensi Pengembangan Agrowisata Berbasis Komunitas Di Desa Cibodas Kecamatan Lembang Kabbupaten Bandung Barat,” J. Adm. Pubik, vol. 05, pp. 23–27, 2017.

M. Rachmawati, T. H. Widagdo, S. Sudiyono, S. A. Nurcahyo, and A. Ali, “Implementation of Digital Marketing Strategy in MSME Development in Candisari Ungaran Village,” J. Indones. Sos. Sains, vol. 4, no. 08, pp. 707–713, 2023, doi: 10.59141/jiss.v4i08.863.

B. K. AlNuaimi, S. K. Singh, and B. Harney, “Unpacking the role of innovation capability: Exploring the impact of leadership style on green procurement via a natural resource-based perspective,” J. Bus. Res., vol. 134, no. May, pp. 78–88, 2021, doi: 10.1016/j.jbusres.2021.05.026.

A. Alamsyah, N. Hakim, and R. Hendayani, “Blockchain-Based Traceability System to Support the Indonesian Halal Supply Chain Ecosystem,” Economies, vol. 10, no. 6, pp. 19–41, 2022, doi: 10.3390/economies10060134.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v8i2.2985

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 SATRIA AVIANDA NURCAHYO, Sudiyono Sudiyono, Teguh Harso Widagdo, Ahmad Ali, Adi Purwanto



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statcounter

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di : 

slot gacor

slot88qris

ajo89