Optimalisasi Digital Marketing dengan Sosial Media Facebook

Ismail Setiawan, Sigit Setiyanto

Abstract


Warga kelurahan pucang sawit berdasarkan data e-sik.surakarta.go.id yang memiliki pekerjaan utama sebagai pedagang atau wiraswasta terbanyak ada di RT01 dan RT 06. setelah dilakukan wawancara ternyata mereka melakukan perdagangan konvensional atau tidak dan belum memanfaatkan internet sebagai media pemasaran. Kegiatan pengabdian ini mencoba memberikan peningkatan kemampuan warga yang melakukan kegiatan perdagangan untuk memarkan produk dan jasa mereka lewat internet. Facebook sebagai media social yang paling banyak penggunannya di Indonesia digunakan sebagai salah satu alat promosi online. Berdasarkan hasil pengamatan terhadap peserta peningkatan kemampuan promosi online dapat di nilai 100% dari mereka berhasil mengikuti langkah-langkah dalam pemasaran online. Merea berhasil memasarkan produk mereka dengan facebook advertising.

Keywords


Marketing, Online Promotion, Facebook Advertising

Full Text:

PDF

References


C. Drummond, T. O’Toole, and H. McGrath, “Digital engagement strategies and tactics in social media marketing,” Eur. J. Mark., 2020.

aditya wicaksono Irawan, A. Yusufianto, D. Agustina, and R. Dean, “Laporan Survei Internet APJII 2019 – 2020,” Asos. Penyelenggara Jasa Internet Indones., vol. 2020, pp. 1–146, 2020, [Online]. Available: https://apjii.or.id/survei.

B. Ferrer-Rosell, E. Martin-Fuentes, and E. Marine-Roig, “Diverse and emotional: Facebook content strategies by Spanish hotels,” Inf. Technol. Tour., vol. 22, no. 1, pp. 53–74, 2020.

S. Johnson, SOCIAL MEDIA MARKETING: Secret Strategies for Advertising Your Business and Personal Brand On Instagram, YouTube, Twitter, And Facebook. A Guide to being an Influencer of Millions In. AndreaAstemio, 2020.

A. S. Agusta, “INTEGRATIFITAS INFORMASI KEAGAMAAN MELALUI MEDIA VIRTUAL: FANSPAGE FACEBOOK PERSYARIKATAN MUHAMMADIYAH,” IQRA J. Ilmu Perpust. dan Inf., vol. 14, no. 2, pp. 1–31, 2020.

V. H. Balfour, “Likes, comments, action! An examination of the Facebook audience engagement strategies used by strategic impact documentary,” Media Int. Aust., vol. 176, no. 1, pp. 34–51, 2020.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v5i2.409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 ismail setiawan, Sigit Setiyanto



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :