Pengembangan UMKM Kue melalui Digital Marketing pada Era Pandemi Covid-19 Desa Grajagan

Indah Dwi Lestari, L. Dyah Purwita Wardani S. W. W.

Abstract


Abstrak
Pembatasan sosial sebagai bentuk pencegahan dari menularnya pandemi Covid-19 pada masyarakat menyebabkan kelumpuhan pada berbagai aspek terutama ekonomi. Aspek penting yang terpengaruh dampak dari pandemi Covid-19 yaitu UMKM. UMKM menjadi salah satu tulang punggung dari perekonomian nasional karena penyerapan tenaga kerja serta kontribusinya nya dalam GDP. UMKM cenderung mengalami keterpurukan karena memiliki ketahanan dan fleksibilitas yang rendah terhadap ancaman pandemi. Solusi yang dapat diterapkan untuk menjaga eksistensi UMKM yaitu melakukan pergeseran pemasaran dan promosi melalui digital marketing. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat, pelaku UMKM didampingi untuk melakukan pergeseran pemasaran di era digital. Kegiatan pengabdian dilakukan di Desa Grajagan, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi pada tanggal 11 Agustus hingga 9 September 2021. Sasaran dari kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu salah satu pemilik UMKM kue di Desa Grajagan yang mengalami penurunan penjualan akibat pandemi Covid-19. Tahapan kegiatan dimulai dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Hasil dari kegiatan pengabdian ini yaitu adanya perluasan jangkauan pemasaran serta peningkatan jumlah penjualan produk.


Keywords


Pandemi; UMKM; digital marketing

Full Text:

PDF

References


Hadiwardoyo, W., 2020, Kerugian ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19, Baskara: Journal of Business and Entrepreneurship, No.2, Vol.2, 83-92.

SME Malaysia, 2020, Business Sustainability of SMEs During Covid-19 Crisis, https://moneycompass.com.my/2020/03/30/only-a-third-of-smes-have-enough-cashflow-for-march/, diakses tgl 17 September 2021.

Wiguna, D. K. S., 2020, Selama Pandemi Covid-19, sebanyak 301.115 UMKM Beralih ke Digital, https://www.antaranews.com/berita/1563584/selama-pandemi-covid-19-sebanyak-301115-umkm-beralih-ke-digital, diakses tgl 17 September 2021.

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S., 2017, Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit, Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), No.1, Vol.1, 1–17.

Laudon, K. C., & Traver, C. G., 2016, E-commerce 2016: Business. Technology. Society. In Global Edition, Pearson Education, London.

Hendrawan, A., Sucahyowati, H., Cahyandi, K., Indriyani, & Rayendra, A., 2019, Pengaruh Marketing Digital Terhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti Gauri di Kecamatan Bantasari Cilacap, Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan, No.1, Vol.4, 53–60.

Rosmadi, M. L. N., 2021, Penerapan Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19. IKRA-ITH EKONOMIKA, No.1, Vol.4, 122-127.

Muliawan, K. D. dan Pradoyanita, S. I., 2021, Analisa Teknik Fotogragi dalam Tren Food Photography, Jurnal Nawala Visual, No.1, Vol.3, 40-46.

Purnomo, F., 2019, Program Ladit (Lapak Digital): Optimalisasi Media Digital sebagai Wadah dalam Pengembangan Umkm di Madura. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, No.2, Vol.6, 89-95.

Ramadhan, B., 2020, Data Internet di Indonesia dan Perilakunya Tahun 2020. Teknoia, https://teknoia.com/data-internet-di-indonesia-dan-perilakunya-880c7bc7cd19, diakses tgl 18 September 2021.

Abdi, F. N., Isharyani, M. E., Rahayu, D. K., Sitania, F. D., dan Saptaningtyas, W. W. E., 2018, Pengembangan Produk Olahan Buah Naga Merah Kaltim yang Cocok Dipasarkan dengan Sistem Usaha Gerobak Waralaba, Journal Industrial Servicess, No.2, Vol.3, 27-32.

Arico, Z., & Jayanthi, S., 2018, Pengolahan Limbah Plastik menjadi Produk Kreatif sebagai Peningkatan Ekonomi Masyarakat Pesisir, Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, No.1, Vol.1, 1-6.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v5i2.441

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Indah Dwi Lestari, L. Dyah Purwita Wardani S. W. W.



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statcounter

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :