Peningkatan Pengetahuan dan Pendapatan Pengrajin Gula Kelapa Melalui Pelatihan dan Pemasaran Online

Wulan Fitria Dewi, L. Dyah Purwita WSWW

Abstract


Desa Rejoagung merupakan salah satu desa di Banyuwangi yang memiliki potensi yang besar dalam meningkatkan produksi gula kelapa. Pemasaran gula kelapa hanya dijual kepada pengepul di desa tersebut. Sehingga, gula kelapa sering mengalami peningkatan dan penurunan harga yang tidak menentu dikarenakan hanya berpatokan pada harga yang ditentukan oleh pengepul, serta pengrajin gula kelapa sangat minim pengetahuan mengenai cara pemasaran produk. Untuk membantu permasalahan tersebut, mahasiswa Universitas jember melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui pelatihan pembuatan produk inovasi gula kelapa dan strategi pemasaran yang dapat diterapkan di masa pandemi COVID-19 yakni strategi digital marketing. Metode yang digunakan adalah metode kelas secara offline, metode pelatihan penggunaan media sosial sebagai sarana pemasaran, dan metode pelatihan pembuatan produk inovasi gula kelapa. Dampak yang dirasakan setelah adanya penyuluhan dan pelatihan pembuatan produk inovasi gula kelapa serta strategi digital marketing yaitu pengrain gula kelapa dapat melakukan pemasaran secara online dan pendapatan pengrajin gula kelapa meningkat dengan adanya penjualan produk inovasi gula kelapa


Full Text:

PDF

References


L. Gunawati, E. Kriwiyanti, and M. Joni, “KARAKTERISTIK DAN ANALISIS KEKERABATAN RAGAM KELAPA (Cocos nucifera L.) DI KABUPATEN MANGGARAI BARAT BERDASARKAN KARAKTER MORFOLOGI DAN ANATOMI,” Simbiosis, no. 1, p. 20, 2018.

I. S. Padang, A. Irmadamayanti, and E. Dan, “Kata Kunci: Kelapa Dalam, Pertumbuhan, Bibit, Pupuk Cair,” vol. 2, no. 2015, 2020.

F. Pratama, W. H. Susanto, and I. Purwantiningrum, “Pembuatan gula kelapa dari nira terfermentasi alami (kajian pengaruh konsentrasi anti inversi dan natrium metabisulfit),” J. Pangan dan Agroindustri, vol. 3, no. 4, pp. 1272–1282, 2015.

E. Kartika, A. Suharsono, and H. Makmur, “Alternatif Program untuk Peningkatan Pendapatan Masyarakat Pengrajin Gula Kelapa ( Studi Kasus di Desa Rejoagung Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi ),” Artik. Ilm., vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2013.

D. H. Wibowo, Z. Arifin, and Sunarti, “Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi Pada Batik Diajeng Solo),” J. Adm. Bisnis, vol. 29, no. 1, pp. 59–66, 2015.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v5i2.444

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Wulan Fitria Dewi



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :