Pelatihan Penggunaan E-LKS Untuk Meningkatkan Pemahaman Ilmu Tajwid

Tri Ressa

Abstract


Latar Belakang dilaksanakan kegiatan pelatihan ini dikarenakan perlunya memahami ilmu tajwid untuk meningkatkan pemahaman dalam membaca Al-Qur’an secara tartil. Sesuai tuntutan kurikulum yang berlaku pada kelas V terdapat KD 1.1 Terbiasa membaca Al-Qur’an dengan tartil. Seiring dengan perkembangan zaman yang begitu pesat dimana lembar kerja siswa awalnya berbentuk cetak sekarang sudah saatnya mengikuti perkembangan teknologi yaitu dengan elektronik lembar kerja siswa (E-LKS). Berdasarkan hal  tersebut maka tujuan yang ingin dicapai dalam pelatihan ini, untuk meningkatkan pemahaman ilmu tajwid melalu produk E-LKS. Jumlah peserta pada pelatihan ini 30 siswa di kabupaten Sumedang dilakukan dengan 2 tahap yaitu secara tatap muka (luring) dan secara online (daring). Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah ceramah, diskusi, tanya jawab, praktik, dan simulasi. Hasil yang dicapai dalam kegiatan ini adalah meningkatkan pemahaman peserta tentang ilmu tajwid dengan Penggunaan E-LKS. Produk E-LKS ini tidak hanya meningkatkan pengetahuan siswa tetapi meningkatkan keterampilan siswa dalam penguasaan bidang teknologi.

 

Kata kunci: Pelatihan, E-LKS, Ilmu Tajwid

 


Full Text:

PDF

References


D. Maharani, F. Helmiah, R. R. Harahap, and B. Fachri, “Pelatihan Komputer Dalam Meningkatkan Tahfidz Qur’an Menggunakan Al-Qur’an Digital Tajwid,” Jurdimas (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masyarakat) R., vol. 1, no. 2, pp. 95–100, 2018.

M. Malalina and R. F. Yenni, “Pelatihan Google Classroom Untuk Mengoptimalisasi Proses Pembelajaran Di Fkip Universitas Tamansiswa Palembang,” J. Cemerlang Pengabdi. pada Masy., vol. 1, no. 1, pp. 58–70, 2018.

K. Khairul and M. Haramain, “Aplikasi Digital Risalah Ilmu Tajwid dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Alquran,” KURIOSITAS Media Komun. Sos. dan Keagamaan, vol. 11, no. 2, pp. 145–157, 2018.

M. A. Amir, Ilmu Tajwid Praktis. Pustaka Baitul Hikmah Harun Ar-Rasyid, 2019.

R. Sidiq and others, “Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar,” J. Pendidik. Sej., vol. 9, no. 1, pp. 1–14, 2020.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v5i3.509

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Tri Ressa



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :