Pengenalan Computational Thinking Sebagai Metode Problem Solving Kepada Guru dan Siswa Sekolah di Kota Semarang

Titien S. Sukamto, Ayu Pertiwi, Affandy Affandy, Abdul Syukur, Nisa'ul Hafidhoh, Erwin Yudi Hidayat

Abstract


Problem solving merupakan salah satu kemampuan yang sangat dibutuhkan untuk menghadapi persaingan global. Maka dari itu perlu untuk dilatih sedari dini. Melihat pada perkembangan teknologi dan imlu komputer, lahirlah sebuah pendekatan problem solving skill yang dikenal dengan nama Computational Thinking (CT). CT dikembangkan dari konsep dasar ilmu komputer, dengan cara mengabstraksi permasalahan kemudian mengilustrasikan dan menyusun solusi. Mulai tahun 2016, Indonesia secara aktif berpartisipasi dalam Komunitas Bebras dan mengkampanyekan Computational Thinking dengan mengadakan Bebras Challenge bagi siswa sekolah di seluruh Indonesia. Fakultas Ilmu Komputer UDINUS menjadi salah satu Bebras Biro yang ikut sebagai penyelenggara Bebras Challenge di Kota Semarang. Penyuluhan Bebras kepada Guru dimaksudkan untuk mengenalkan skill Computational Thinking ini, sehingga ke depannya setiap guru dapat menyampaikan dan melatih siswanya dalam pengembangan skill problem solving. Penyuluhan diikuti oleh guru perwakilan dari 27 sekolah dasar di Kota Semarang. Sebagai rangkaian kampanye, Bebras Challenge diikuti oleh total 169 siswa dari SD dan SMP di Kota Semarang. Hasil Bebras Challenge, terdapat 1 peserta asal Bebras Biro UDINUS yang berhasil masuk peringkat 3 besar nasional.

Keywords


computational thinking, problem solving, bebras

Full Text:

PDF

References


M. Ayub, M. C. Wijanto, W. F. Senjaya, O. Karnalim, and T. Kandaga, “Edukasi Berpikir Komputasional melalui Pelatihan Guru dan Tantangan Bebras untuk Siswa di Bandung pada tahun 2016,” in Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat 2017, 2017.

OECD, “Programme for International Student Assessment (PISA) Results From PISA 2015,” 2016.

J. M. Wing, “Computational Thinking,” Commun. ACM, vol. 49, no. 3, pp. 33–35, 2006.

G. Chen, J. Shen, L. Barth-cohen, S. Jiang, X. Huang, and M. Eltoukhy, “Assessing elementary students’ computational thinking in everyday reasoning and robotics programming,” Comput. Educ., vol. 109, pp. 162–175, 2017.

X. Basogain, M. A. Olabe, J. C. Olabe, and M. J. Rico, “Computational Thinking in Pre-University Blended Learning classrooms,” Comput. Human Behav., vol. 80, pp. 412–419, 2018.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v2i2.51

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Titien S. Sukamto, Ayu Pertiwi, Affandy Affandy, Abdul Syukur, Nisa'ul Hafidhoh, Erwin Yudi Hidayat



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :