Optimalisasi Penggunaan Media Sosial dan Website sebagai Media Informasi di Sekolah Akar Rumput

Mesti Woro Mahatmi

Abstract


menekankan proses belajar mengajar kepada eksplorasi alam dan lingkungan. Sekolah ini didirikan atas inisiatif para orang tua peserta didik yang memiliki kesamaan misi, yaitu mewujudkan pendidikan yang menyenangkan dan membentuk karakter anak sejak dini melalui keterlibatan orang tua peserta didik. Masyarakat kesulitan memperoleh informasi seputar Sekolah Akar Rumput, sebab akses sekolah ini masih terbatas. Selama ini informasi Sekolah mengandalkan media sosial mainstream, namun penggunaannya belum maksimal. Website sekolah belum tersedia hingga awal tahun 2021. Berdasarkan pengamatan tersebut, peneliti berinisiatif melakukan pengabdian berupa pembuatan website dan optimalisasi media sosial yang menjadi sarana eksistensi institusi. Eksistensi tidak mengacu pada tujuan komersil semata, namun keinginan untuk menyebarkan nilai – nilai pendidikan yang mereka miliki kepada seluruh lapisan masyarakat. Metode pengabdian dimulai dengan observasi dan wawancara terkait kondisi di Sekolah Akar Rumput. Setelah melakukan identifikasi masalah mitra pengabdian, peneliti menawarkan solusi kepada mitra, menentukan jadwal pengabdian, kemudian terakhir membuat laporan Pengabdian Kepada Masyarakat. Dalam pengelolaan media sosial dan website diperlukan partisipasi pengelola Sekolah Akar Rumput, agar program ini dapat terus berjalan. Evaluasi dilakukan dengan melakukan proses pendampingan agar tujuan pengabdian terus berlanjut sesuai target yang dinginkan. 


Keywords


sekolah inklusi, peran website, media sosial

Full Text:

PDF

References


Dewi, K. R., Gading, I. K., & M, M. (2019). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Eksplorasi Lingkungan Sekitar Terhadap Kemampuan Sains Anak Taman Kanak- Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(2), 218. https://doi.org/10.23887/paud.v7i2.18997

Harminingtyas, R. (2014). Analisis Layanan Website Sebagai Media Promosi, Media Transaksi dan Media Informasi dan Pengaruhnya Terhadap Brand Image Perusahaan pada Hotel Ciputra di Kota Semarang. 6(3), 2252–7826.

Manu, G. A., & Fallo, D. (2019). Implementasi Google My Business (Gmb) Dalam Promosi Pariwisata Di Kota Kupang Dan Sekitarnya. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 2(2), 8–15. https://doi.org/10.37792/jukanti.v2i2.69

Moriansyah, L. (2015). Pemasaran Melalui Media Sosial: Antecedents Dan Consequences. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 19(3), 124068.

Setiadi, A. (2014). Pemanfaatan media sosial untuk efektifitas komunikasi. Jurnal Ilmiah Matrik, 16(1).

Wahyuni, P. A., & Ernungtyas, N. F. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dalam Public Relations di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Komunikasi Nusantara, 2(1), 10–16. https://doi.org/10.33366/jkn.v2i1.35




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v5i3.515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mesti Woro Mahatmi



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statcounter

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :