Diseminasi Teknologi Pirolisis Sampah Plastik di Desa Kedungringin, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi

Prabuditya Bhisma Wisnu Wardhana

Abstract


Sampah plastik menjadi masalah dalam masyarakat karena hanya digunakan dalam waktu singkat dan langsung dibuang ke tempat sampah sehingga dapat mencemari lingkungan. Oleh karena itu diperlukan pengolahan sampah plastik yang lebih baik menggunakan teknologi pirolisis. Tujuan dari program hibah desa binaan ini adalah untuk menerapkan teknologi pengolahan sampah plastik menjadi bahan bakar yang dapat digunakan untuk keperluan rumah tangga maupun industri skala kecil bagi warga desa Kedungringin. Kegiatan program hibah desa binaan ini dilaksanakan dengan cara melakukan observasi ke mitra, kemudian melakukan identifikasi kebutuhan alat serta melakukan perancanngan dan fabrikasi alat pirolisis. Setelah proses fabrikasi selesai, kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi dan pelatihan bagi warga desa Kedungringin. Pengujian menggunakan sampah plastik polietilena sebanyak 1,5 kg mampu menghasilkan sekitar ± 1,2 liter minyak dan ± 200 gram arang dari sampah plastik. Diharapkan dengan adanya alat pengolah sampah plastik ini, permasalahan pencemaran lingkungan akibat penumpukan sampah plastik bisa diselesaikan tanpa menimbulkan permasalahan baru.


Keywords


pirolisis, sampah plastik, bahan bakar, pengabdian masyarakat

Full Text:

PDF

References


U. B. Surono and Ismanto, "Pengolahan Sampah Plastik Jenis PP, PET dan PE Menjadi Bahan Bakar Minyak dan Karakteristiknya," Jurnal Mekanika dan Sistem Termal, pp. 32-37, 2016.

P. B. W. Wardhana, A. Finali and A. F. Hanafi, "Pengembangan Reaktor Pirolisis Termal Limbah Plastik Skala Laboratorium," Jurnal Teknik Mesin - Elemen, pp. 39-44, 2020.

M. Syamsiro and S. R. Ika, "Penerapan Teknologi Pirolisis untuk Penanganan Sampah di Bumdes Panggung Lestari Kabupaten Bantul," in Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat (SENIAS), Pamekasan, 2019.

R. Rafli, H. B. Fajri, A. Jamaludhin, M. Azizi, H. Riswanto and M. Syamsiro, "Penerapan Teknologi Pirolisis Untuk Konversi Limbah Plastik Menjadi Bahan Bakar Minyak di Kabupaten Bantul," Jurnal Mekanika dan Sistem Termal, pp. 1-5, 2017.

Y. Pasae, L. Bulo, C. Lande and E. L. Allo, "Pirolisis Sampah Plastik Polipropilena : Tinjauan Pengaruh Suhu Pada Reaktor Pirolisis Kapasitas 1kg/Batch," DynamicSainT, pp. 939-944, 2020.

R. Ermawati, "Konversi Limbah Plastik sebagai Sumber Energi Alternatif," Jurnal Riset Industri, pp. 257-263, 2011.

P. B. W. Wardhana and H. Saptoadi, "Konversi Limbah Plastik Polietilen menjadi Bahan Bakar dengan Metode Pirolisis," DISPROTEK, pp. 1-4, 2016.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v5i3.548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prabuditya Bhisma Wisnu Wardhana



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :